Artikel

480 Juta Vaksin Diamankan, Pemerintah Terus Percepat Vaksinasi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah berhasil mengamankan sedikitnya 480 juta dosis vaksin Covid-19. Dengan stok vaksin melimpah itu, pemerintah bakal terus melakukan percepatan program vaksinasi nasional sehingga kekebalan komunal segera tercapai.

"Indonesia sudah amankan 480 juta. Kita basically enggak ada masalah," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dikutip CNN Indonesia, Jumat (16/7).

Percepatan vaksinasi diwujudkan dari jumlah suntikan harian. Pemerintah, kata Luhut, sudah mulai melakukan satu juta suntikan vaksin per hari pada bulan Juli 2021 ini. Ia menargetkan, 31 juta suntikan bisa dilakukan pada akhir buan nanti.

"Kadang bisa 1 juta lebih per hari, kadang di bawah. Jadi kita masih ingin supaya 31 juta disuntikkan bulan ini," kata dia.

Sementara itu, jumlah suntikan harian juga bakal dilipatgandakan pada bulan Agustus mendatang. Diharapkan, pada bulan depan pemerintah bisa menyuntikkan dua juta dosis kepada masyarakat setiap harinya.

Diketahui, pemerintah perlu melakukan vaksinasi kepada 70 persen penduduk untuk bisa mencapai kekebalan komunal alias herd immunity. Jumlah itu setara dengan 208,2 juta penduduk yang diharapkan menerima vaksin Covid-19 pada akhir tahun nanti.

Data Satgas Penanganan Covid-19 per Kamis (15/7) menunjukkan, total pemerintah sudah menyuntikkan 55,4 juta dosis vaksin. Jumlah itu terdiri dari vaksinasi dosis pertama sebesar 39,6 juta. Dan penerima vaksinasi dosis kedua sebanyak 15,8 juta orang. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: