Artikel

Agar Tidak Sesak Napas Pakai Masker Dobel, Lakukan Tips Berikut

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pandemi Covid-19 mengharuskan semua orang memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Namun, tidak semua orang nyaman dengan aktivitas yang satu ini. Tentunya tips agar tidak sesak menggunakan masker berikut ini bisa membantu Anda mengatasi ketidaknyamanan.

Anjuran memakai masker double kembali disarankan menyusul penyebaran Covid-19 varian Delta. Varian ini disebut lebih cepat penyebarannya serta mudah menular. Karena itu disarankan agar memakai masker double.

Adapun tips agar tidak sesak menggunakan masker double adalah sebagai berikut:

Latihan di rumah

Masker double memang memberikan perlindungan yang lebih optimal. Namun, membuat tidak merasa nyaman karena bikin sulit bernapas. Terlebih masker yang memiliki kemampuan menyaring udara yang baik. Sehingga penting untuk latihan memakai masker double di rumah.

Beraktivitas di sekitar rumah

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) menyarankan agar coba mempraktikkan penggunaan masker double dengan beraktivitas di area sekitar rumah seperti berkebun atau saat berjemur di pagi hari. Jika sudah cukup terbiasa beraktivitas menggunakan masker double, Anda bisa mencoba saat pergi ke luar rumah.

Gunakan masker yang tepat

Tips agar tidak sesak menggunakan masker double ini turut memperhatikan kombinasi masker. Rekomendasi CDC adalah menggunakan masker medis sekali pakai pada bagian dalam dan melapisi dengan masker kain pada bagian luar.

Sangat tidak dianjurkan menggunakan dua masker medis (sekali pakai) sekaligus. Jenis masker ini tidak dirancang untuk dipakai bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker.

Melansir Kompas.com, pemilik produsen masker KN95, Paul Hickey sangat tidak menyarankan untuk melapisi bagian luar masker KN95 karena akan membuat Anda kesulitan bernapas. Selain itu dengan melapisi masker KN95 bisa mengubah ukuran masker sehingga kurang efektif dan berpotensi membahayakan diri sendiri.

Turunkan frekuensi bernapas

Ahli paru dari Rumah Sakit Brigham Dr. Bartolome Celli mengatakan, strategi terbaik untuk bernapas lebih nyaman ketika memakai masker adalah menurunkan kecepatan bernapas. Caranya adalah menarik napas dengan mengerucutkan bibir. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resistensi terhadap masker.

Itulah tips agar tidak sesak menggunakan masker double. Selamat mempraktikkan dan semoga sehat selalu. (CHE)

Saksikan video pilihan berikut:


0 komentar untuk “Agar Tidak Sesak Napas Pakai Masker Dobel, Lakukan Tips Berikut”
Berikan Komentar: