Artikel

Akhir Tahun 2021, Capaian Vaksinasi Indonesia Lampaui Target WHO

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia menjelang akhir tahun 2021 ini telah berhasil melampaui target yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menuturkan, WHO telah menetapkan target bagi setiap negara harus memvaksinasi 40 persen penduduknya pada akhir tahun 2021. 

Sementara, kata Menkes, capaian vaksinasi dosis lengkap di Indonesia hingga saat ini sudah berada di angka 52,59 persen per tanggal 23 Desember 2021. 

“Artinya, kita lebih cepat dari target yang ditetapkan WHO,” kata Budi mengutip siaran pers Kementerian Kesehatan, Jumat (24/12). 

Keberhasilan Indonesia mengejar dan melampaui capaian vaksinasi Covid-19 tersebut merupakan hasil kolaborasi dari semua pihak. 

Menkes Budi mengatakan, capaian tersebut berhasil dicapai karena adanya gotong royong semua pihak seperti TNI, Polri, Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, organisasi keagamaan hingga masyarakat luas. 

“Kami ucapkan terima kasih, karena berkat usaha bersama, cakupan vaksinasi nasional berjalan sesuai yang kita harapkan,” imbuh Budi. 

Diketahui, vaksinasi Covid-19 di Indonesia mulai diberikan pada bulan Januari 2021 lalu. Saat itu, Kementerian Kesehatan menetapkan 208,2 juta penduduk Indonesia sebagai target sasaran vaksinasi. 

Berdasarkan data hingga Kamis, 23 Desember 2021, sebanyak 154.791.737 orang telah mendapatkan vaksin dosis pertama, atau setara dengan 74,32 persen dari target sasaran. 

Sementara vaksinasi dosis lengkap sudah diberikan kepada 109.535.337 penduduk atau setara dengan 52,59 persen. 

Perluasan Target Vaksinasi

Dalam upaya mempercepat perlindungan masyarakat Indonesia dari Covid-19, pemerintah juga sudah mulai memberikan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun.

Pada tahap pertama vaksinasi anak berlangsung di 115 Kabupaten/Kota dari 19 provinsi.

Menkes Budi menjamin bahwa vaksin terbaik adalah vaksin yang saat ini tersedia, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk mengakses lokasi dan pelayanan vaksinasi Covid-19.

Semakin banyak orang yang mendapatkan vaksinasi Covid-19, katanya maka semakin banyak orang yang terlindungi. (wil)