Artikel

Atasi Lonjakan Pasien Covid-19, Pemerintah Siapkan Faskes Tambahan

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah menyiapkan sejumlah tempat baru untuk menangani pasien Covid-19 menyusul lonjakan kasus yang masih terjadi.

Beberapa lokasi yang disiapkan antara lain rumah susun (rusun) Nagrak, Pasar Rumput, Wisma Atlet, dan Asrama Haji Pondok Gede.

"Menghadapi situasi ini pemerintah saat ini menyiapkan beberapa tempat untuk penanganan pasien Covid-19," kata Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Jodi Mahardi dikutip dari Kompas.com, Senin (5/7).

Menurutnya, ketentuan penggunaan tempat itu nantinya akan diatur Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berdasarkan urgensi penanganan pasien.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) telah mengizinkan pemanfaatan asrama haji sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Sebanyak 25 asrama haji di seluruh Indonesia telah disiapkan sebagai tempat isolasi mandiri dengan kapasitas mencapai 3.308 orang.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenag Khoirizi H Dasir mengatakan sebanyak tujuh asrama haji sudah mulai digunakan untuk ruang isolasi.

Hingga saat ini, penggunaan terbanyak berada di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya dengan total pasien 612 orang yang menempati 204 dari 245 kamar yang tersedia.

"Kami terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, BNPB, Kodam dan Dinas Kesehatan setempat. Sebab, Kemenag hanya menyediakan kamar asrama sebagai ruang isolasi. Sementara tenaga medis, obat-obatan, tenaga pengamanan dan konsumsi diserahkan kepada Pemda dan Dinas Kesehatan masing-masing," kata Khoirizi.

Selain di Surabaya, Asrama Haji Balikpapan saat ini digunakan oleh 126 orang yang sedang isolasi mandiri. Di Semarang terisi 85 pasien, Pondok Gede diisi 56 pasien, Di Yogyakarta dengan 67 pasien, Lombok dengan 32 pasien dan Ambon ada 25 pasien. Secara keseluruhan sudah ada 1.003 pasien Covid yang melakukan isolasi di asrama haji.

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Minggu (4/7) ada tambahan 27.233 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia. Sehingga total menjadi 2.284.084 kasus positif Covid-19.

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari Covid-19 bertambah 13.127 orang sehingga menjadi sebanyak 1.928.274 orang. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: