Artikel

Bangga! Indonesia Masuk 5 Besar Terbaik Dunia dalam Penanganan Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Indonesia berhasil tembus lima besar terbaik dunia dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Buktinya Indonesia saat ini berada dalam level 1 dunia.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka Kongres Dewan Pengurus Pusat Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), di Istana Negara, Senin (6/12) kemarin.

"Kita telah berhasil menjadi satu dari lima negara di dunia yang berhasil mengendalikan pandemi Covid pada level satu," kata Presiden mengutip video yang diunggah kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (7/12).

Menurut Presiden, keberhasilan itu menunjukkan banyak makna. Salah satunya terkait kemampuan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan yaitu dengan gotong-royong dan memanfaatkan tantangan itu sebagai peluang.

Selain soal pandemi, Presiden juga menyinggung terkait persaingan global saat ini. Menurutnya, globalisasi telah melahirkan dunia yang diwarnai kompetisi super ketat. Oleh karena itu, satu pilar utama dalam menjaga kedaulatan adalah memenangkan kompetisi.

Gelombang globalisasi, imbuhnya, tidak terhindarkan lagi. Bukan hanya mobilitas fisik antarnegara yang makin tinggi dan mobilitas barang dan uang yang makin mudah, tetapi mobilitas gagasan, mobilitas pengetahuan juga makin tinggi melalui ranah-ranah digital.

"Kita harus memenangkan kompetisi di dalam negeri, kita harus memenangkan kompetisi di pasar global, di pasar luar negeri. Kita harus lebih unggul dari negara lain dan kita harus mampu mendahului negara lain dalam dunia yang makin kompetitif sekarang ini,” tandasnya. (WIL)