Artikel

Begini Cara Bedakan Oximeter Asli atau Palsu Menurut Pakar

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Belakangan beredar luas video berisi cara membedakan oximeter asli dan palsu di media sosial. Namun menurut ahli, perbedaan kedua oximeter hanya pada tingkat akurasi bukan palsu atau tidaknya.

Dalam video yang beredar, terlihat dua buah pensil dimasukkan ke dalam dua oximeter yang berbeda. Hasilnya, salah satu oximeter (berwarna biru) tetap mendeteksi pensil itu seperti jari, dan menampilkan hasil pengukuran berupa nilai saturasi oksigen dan denyut jantung. Sementara oximeter lainnya tidak bisa membaca hasil apa pun.

Dokter spesialis paru Konsultan Onkologi RSUD dr. Pringadi Medan Dr. Moh Ramadhani Soeroso, M.Ked (Paru), Sp.P-K.Onk menekankan perbedaan kedua oximeter tersebut terletak pada akurasinya, dan bukan palsu atau tidaknya.

"Oximeter tujuannya untuk deteksi kadar saturasi oksigen di paru dan denyut jantung. Jadi kalau jari dimasukkan, otomatis kan ada sistem saraf di jari. oximeter akan membaca saturasi oksigen dan denyut jantung,” kata Dr Ramadhani dikutip dari Kompas.com, Rabu (14/7).

Ketika dimasukkan benda mati, oximeter tidak akan bekerja. Ini bukan berarti oximeternya palsu, tapi kualitasnya saja kurang bagus.

Dr Ramadhani mengatakan dirinya pernah membandingkan salah satu brand oximeter dengan oximeter biru seperti video viral yang beredar. Hasilnya, mirip dan hanya memiliki selisih 1 digit.

“Contoh kalau oximeter Elitech 98 persen, sedangkan oximeter biru 97 persen, beda tipis aja,” jelasnya.

Menurutnya tidak tepat jika menyebut oximeter berwarna biru palsu karena perbedaan di antara semua oximeter hanya terletak pada akurasi terkait sensitivitas sensor.

"Padahal oximeter biru itu masih akurat untuk pemeriksaan kadar oksigen paru. Mungkin saja oximeter biru sangat sensitif sensornya, sehingga pensil pun bisa terdeteksi saturasi oksigen," imbuhnya. (CHE)