Artikel

Belasan Negara Alami Lonjakan Covid-19, Menlu: Dunia Harus Bahu Membahu

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Belasan negara di dunia turut merasakan lonjakan kasus Covid-19 seperti yang dialami Indonesia. Fakta tersebut semakin membuktikan bahwa seluruh negara di dunia harus bagu membahu dalam menangani dan mengatasi pandemi Covid-19.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kerja keras antar elemen bangsa dan dunia sangat diperlukan untuk bisa segera keluar dari pandemi Covid-19. Setiap manusia, kata dia, merupakan bagian dari solusi atas masalah pandemi ini.

"Pemerintah Indonesia terus bekerja keras. We are in high spirit, bahu membahu terus bekerja keras melawan virus ini," kata Menlu Retno saat menyambut kedatangan vaksin Covid-19 secara virtual, Kamis (15/7).

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno juga menyampaikan data Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait kondisi pandemi terbaru. Disebutkan, kenaikan kasus Covid-19 terus terjadi di hampir semua kawasan dalam empat pekan terakhir. Kematian global juga turut bertambah setelah sempat melandai dalam 10 minggu belakangan.

“Hingga Minggu lalu misalnya kasus dunia naik 12 persen, kawasan ASEAN naik 37,4 persen, beberapa negara di kawasan Eropa naik ratusan persen, bahkan terdapat negara yang mengalami kenaikan 510 persen,” jelasnya.

Kondisi ini diperparah dengan adanya varian Delta yang dipercaya para ahli dapat lebih cepat menyebar dan memberikan efek gejala lebih parah. Menurut data WHO, imbuh Menlu, varian Delta ini sekarang sudah menyebar di 111 negara dan menjadi faktor utama gelombang baru Covid-19.

Setidaknya ada dua hal yang bisa dilakukan untuk meredam kenaikan ini, kata Menlu. Pertama adalah membatasi mobilitas, dan kedua mempercepat vaksinasi.

“Indonesia saat ini pembatasan mobilitas tengah dilakukan oleh pemerintah melalui PPKM Darurat dan di saat yang sama pemerintah juga terus mengupayakan percepatan vaksinasi,” ucap Retno. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


3 komentar untuk “Belasan Negara Alami Lonjakan Covid-19, Menlu: Dunia Harus Bahu Membahu”

oleh Salsabila putri  4 bulan yang lalu

"Memang harus seperti itu sih, kita menerima bantuan maka kita juga perlu memberikan bantuan kalo mampu"

oleh Wirta herman  4 bulan yang lalu

"Makanya vaksin dan jangan menyusahkan pemerintah"

oleh Gista putri  4 bulan yang lalu

"Saling tolong menolong lebih baik dari pada saling mengejek"


Berikan Komentar: