Artikel

Berusia Hampir 100 Tahun, Kakek Ini Penerima Vaksin Tertua di Indonesia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Meski berusia hampir 100 tahun tidak menyurutkan semangat Eddy Yoshawirja ikut program vaksinasi yang digalakkan pemerintah. Eddy bersama sekitar 100 lansia lainnya menerima suntikan vaksin Sinovac tahap II di Rumah Sakit Borromeus, Bandung, Jawa Barat.

Usai menerima vaksinasi, dikisahkan Putra Eddy, Benny Bernardus Yoshawirja (64), tidak ada keluhan yang dirasakan langsung oleh ayahnya.

“Tidak ada keluhan sama sekali,” kata Benny dikutip dari Liputan 6.com, Jumat (16/7).

Menurutnya, ada beberapa hal yang menjadi resep umur panjang ayahnya.

"Bapak semasa hidupnya, tidak merokok, dan tidak minum minuman beralkohol, olahraga teratur, makan tepat waktu, tidur tepat waktu, dan kedisiplinan yang luar biasa. Pola hidup dengan kejujuran semasa muda inilah yang membawa bapak hidup sehat dan berumur panjang," imbuhnya,

Benny menuturkan dirinya bersyukur ayahnya sudah menerima vaksin Covid-19. Terlebih ada prioritas bagi warga lansia untuk menerima vaksin Covid-19.

"Di usia beliau jelang 100 tahun tentu bersyukur, puji Tuhan sudah divaksin. Saya sendiri sangat lega dengan vaksinasi, saya lebih merasa lebih aman," ujarnya.

Dia juga mengajak orang-orang tidak usah takut untuk menerima vaksin.

"Saya imbau agar orang-orang ikut divaksin, enggak usah takut. Saya saja bawa orangtua yang umur seratus tahun dan puji Tuhan ia menjadi contoh dan panutan yang baik," kata Benny. (CHE)

Saksikan video pilihan berikut: