Artikel

Catat! Ini Syarat Pasien Covid-19 Selesai Isolasi Mandiri

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Banyak pasien Covid-19 yang bertanya-tanya kapan selesai isolasi mandiri. Ternyata menurut pakar, ada beberapa syarat pasien Covid-19 selesai isolasi mandiri atau dikatakan sembuh.

Praktisi klinik, edukator pengamat kesehatan dan relawan Covid-19 dr Muhamad Fajri Adda'i mengatakan syarat pasien Covid-19 selesai isolasi mandiri jika sudah 10 hari plus tiga hari gejala hilang atau tidak lagi merasakan gejala. Penetapan jumlah hari isolasi ini merupakan pedoman terbaru yang dipakai oleh Kementerian Kesehatan. Sedangkan untuk pasien Covid-19 dengan gejala beras bisa memakan waktu yang lebih lama.

"Pertanyaannya, kalau gejalanya lima hari sudah hilang, terus PCR-nya negatif, apakah harus tetap isolasi mandiri? Pasien tetap harus nunggu sampai 10 hari, terus ditambah tiga hari lagi. Baru hari ke-14 dia boleh selesai isolasi, walaupun enggak pakai tes PCR lagi," kata Fajri dikutip dari Beritasatu, Senin (9/8).

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada ini mengatakan pedoman kesehatan yang dikeluarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat juga menyatakan bahwa syarat pasien Covid-19 selesai isolasi mandiri tidak lagi membutuhkan tes usap. Namun, idealnya seorang pasien Covid-19 terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter khususnya yang melakukan isolasi mandiri di rumah sebelum dinyatakan sembuh.

"Dasarnya kenapa enggak perlu dicek ulang, karena kalau sudah lebih dari 14 hari, risiko penularannya itu kecil. CT value atau PCR positif bisa sampai 3 bulan ke depan. Kecuali ada gejala klinis. Misalnya hari ke-10 sudah sembuh tetapi pada hari ke-15 batuk lagi, demam lagi, menggigil lagi, itu harus dicek, boleh dicek ulang asal ada indikasinya, kalau normal-normal saja ya sudah ," tambah dokter Fajri.

Menurutnya, yang menjadi permasalahan adalah orang tidak bisa membedakan antara gejala ringan dan gejala hilang. Gejala ringan selama isolasi mandiri antara lain sumeng, badan pegal, nyeri sendi, nafsu makan berkurang serta pusing.

Masalah kesehatan tersebut merupakan bagian dari gejala ringan yang harus diperhatikan dan tidak boleh diabaikan oleh pasien Covid-19. Jika gejala ringan ini sudah hilang, maka salah satu syarat pasien Covid-19 selesai isolasi mandiri sudah terpenuhi.

“Itulah mengapa sebaiknya melapor supaya mendapatkan arahan yang baik, ke puskesmas atau 11 telemedicine yang sudah diumumkan kemarin itu," imbuhnya.

Dia menambahkan, permasalahan lain adalah soal kejujuran. Masih banyak orang yang tidak jujur mengenai kondisinya, apakah tidak bergejala atau gejala ringan, atau sebenarnya masih ada gejala. Pemahaman ini penting agar tidak menularkan pada orang lain. Sehingga cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter atau melakukan tes Covid-19. Jika sudah tidak bergejala maka syarat pasien Covid-19 selesai isolasi mandiri sudah terpenuhi, sehingga bisa kembali beraktivitas dengan normal. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: