Artikel

Catat! Ini Tiga Ragam Pilihan Isoman bagi Pasien OTG

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Tidak semua pasien Covid-19 harus dirawat di rumah sakit. Bagi mereka yang mengalami gejala ringan dianjurkan untuk isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Namun, bagi mereka yang rumahnya tidak memadai untuk digunakan sebagai tempat isolasi mandiri atau khawatir dengan kondisi kesehatan pasien selama isoman, beberapa rumah sakit menawarkan beragam paket isoman.

  • Paket isoman di hotel

Selain itu, rumah sakit juga bekerja sama dengan hotel dalam menawarkan paket isoman disertai berbagai fasilitas yang dimiliki. Mulai dari jasa pantauan dokter, obat-obatan, makanan, dan tempat isoman itu sendiri. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari Rp 25 juta sampai 38 juta.

  • Paket isoman di rumah sakit

Beberapa rumah sakit, juga menyediakan ruang khusus untuk isoman. Lewat paket isoman pihak rumah sakit menawarkan fasilitas ruangan isoman, pemeriksaan kesehatan, swab PCR serta makanan dan snack termasuk obat-obatan dan multivitamin disediakan langsung oleh rumah sakit. Harga paket isoman di rumah sakit ini mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 17 juta.

  • Isoman di rumah

Ini merupakan alternatif yang paling murah karena dilakukan di rumah sendiri. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipastikan dilakukan dengan benar sesuai anjuran pemerintah, guna mencegah penyebaran virus corona.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan adalah:

1. Menghindari kontak dekat dengan orang lain.

2. Tidak pergi keluar rumah seperti ke tempat kerja, sekolah atau tempat umum. Jika Anda harus bekerja, bekerjalah dari rumah.

3. Tidak pergi keluar rumah untuk membeli makanan atau obat-obatan. Bila mendesak, pesanlah melalui online atau telepon, atau meminta bantuan orang lain membawakan untuk Anda.

4. Tidak menerima tamu ke rumah termasuk teman atau keluarga kecuali orang yang membawakan keperluan penting Anda

5. Tidak keluar rumah untuk berolahraga. Lakukan olahraga di rumah atau di taman rumah.

6. Selalu gunakan masker dan pelindung wajah, terlebih jika bertemu orang lain yang mengantarkan kebutuhan Anda.

7. Hindari penggunaan alat makan, handuk, bantal, dan benda lain secara bersamaan dengan orang lain. Segera cuci dengan sabun dan air mengalir.

8. Sesering mungkin cuci tangan menggunakan sabun dan air hangat minimal 20 detik. Handsanitizer hanya diperbolehkan jika tidak ada akses air dan sabun.

9. Hindari menyentuh wajah, mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.

10. Tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin, atau tutup dengan siku Anda. Segera buang tisu ke tempat sampah kemudian cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jangan lupa segera keringkan tangan Anda.

Selain itu, berikut ini adalah hal yang perlu disiapkan di rumah untuk membantu pencegahan atau pemulihan dari Covid-19:

1. Obat-obatan untuk isolasi mandiri yang bisa dibeli bebas seperti obat demam, batuk, pilek, dan lainnya.

2. Obat-obatan rutin yang memerlukan resep dokter. Sediakan lebih stoknya.

3. Bahan makanan yang cukup untuk dua sampai empat minggu. Siapkan perlahan dan hindari membeli terlalu banyak.

4. Suplemen vitamin untuk meningkatkan sistem imun serta melawan penyakit. Diantaranya vitamin C, D, dan Zink. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: