Artikel

Catat! Mulai Oktober Skrining Bisa Pakai Aplikasi Selain PeduliLindungi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Fitur pada aplikasi PeduliLindungi dipersiapkan untuk bisa diakses melalui aplikasi lain untuk memudahkan masyarakat dalam beraktivitas yang memerlukan proses skrining. Rencananya, penggunaan aplikasi lain untuk fitur PeduliLindungi ini bisa dimulai pekan depan alias bulan Oktober 2021.

Chief Digital Transformation Office, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Setiaji mengatakan, aplikasi lain yang akan menampung fitur PeduliLindungi antara lain Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket, Dana, Cinema XXI, Link Aja, hingga aplikasi dari Pemerintah DKI Jakarta, Jaki.

"Ini akan launching di bulan Oktober ini. Ada proses di mana kami memerlukan beberapa model untuk bisa diakses oleh setiap orang. Jadi aplikasi yang paling banyak digunakan itu kan seperti ada Gojek, Grab, Tokopedia dan lain sebagainya Itu bisa digunakan untuk bisa masuk ke berbagai macam fitur yang ada di PeduliLindungi," kata Setiaji mengutip laman Setkab, Selasa (28/9).

Selain itu, Setiaji juga menyiapkan alternatif bagi masyarakat yang tidak memiliki ponsel pintar. Nantinya, ketika akan bepergian dengan pesawat atau kereta api, masyarakat ini akan tetap diketahui status PCR atau antigen dan sertifikat vaksinnya melalui nomor induk kependudukan (NIK) saat membeli tiket.

”Sudah kami berlakukan di bandara, misalnya di bandara itu bahkan di tiket sudah kita integrasikan. Kalau naik kereta api itu sudah tervalidasi pada saat pesan tiket, sehingga tanpa menggunakan handphone pun itu bisa diidentifikasi bahwa yang bersangkutan sudah memiliki vaksin dan ada hasil tesnya (PCR atau antigen),” tandas Setiaji.

Bagi tempat yang tidak terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, masyarakat bisa memeriksanya secara mandiri di aplikasi PeduliLindungi. Caranya dengan memasukkan NIK dan akan muncul layak tidaknya memasuki tempat tersebut.

”Di PeduliLindungi itu sudah ada fitur untuk self-check. Jadi sebelum berangkat orang-orang bisa menggunakan self-check terhadap dirinya sendiri,” pungkasnya. (WIL)