Artikel

Catat! PPKM Mikro Masih Jadi Opsi Terbaik Atasi Pandemi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro merupakan kebijakan paling tepat dalam mengatasi lonjakan Covid-19 saat ini.

Presiden Joko Widodo mengatakan, dalam mengambil kebijakan pemerintah selalu mempertimbangkan sejumlah aspek baik itu kesehatan masyarakat maupun pemulihan ekonomi. Dari pertimbangan itu, opsi PPKM Mikro dinilai bisa mengakomodir semuanya.

"PPKM Mikro masih jadi kebijakan paling tepat untuk menghentikan laju penularan Covid-19 hingga tingkat desa," kata Presiden dalam keterangan resminya, Rabu (23/6).

Menurut Presiden, dalam menekan laju penularan Covid-19, PPKM Mikro tidak mematikan ekonomi rakyat. Namun Presiden menekankan pentingnya penerapan PPKM Mikro secara baik di lapangan.

Pasalnya, kata Presiden, PPKM Mikro saat ini belum menyeluruh. Tak hanya itu, PPKM Mikro juga masih bersifat sporadis di beberapa tempat. Sehingga hasilnya pun masih belum optimal.

"Jika PPKM mikro terimplementasi dengan baik, tindakan-tindakan di lapangan yang terus diperkuat, semestinya laju kasus bisa terkendali," tandasnya.

Agar terkoordinasi dengan baik, Presiden meminta jajaran pemerintah daerah untuk berkomitmen mempertajam penerapan PPKM Mikro. Posko-posko Covid-19 yang telah ada di masing-masing wilayah desa atau kelurahan harus dioptimalkan.

Fungsi utama posko, imbuhnya, adalah untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat agar disiplin 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Kedisiplinan 3M menjadi kunci, dan menguatkan pelaksanaan 3T (testing, tracing, treatment) hingga di tingkat desa.

"Oleh sebab itu, mari kita semua lebih berdisiplin, disiplin yang kuat dalam menghadapi wabah ini," pungkas Presiden (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: