Artikel

Covid-19 Meningkat, Kesedihan Terekam di TPU Rorotan Jakarta

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - TPU Rorotan Jakarta menjadi perbincangan dalam beberapa hari terakhir. Selain karena peningkatan kasus Covid-19, TPU Rorotan Jakarta juga diperbincangkan oleh video viral yang diunggah pemilik akun Instagram @alivikry pada Rabu (7/7) kemarin.

Dalam video yang direkam menggunakan kamera drone tersebut, tampak TPU Rorotan yang dikhususkan untuk jenazah korban Covid-19 itu begitu sibuk meski waktu sudah menunjukkan malam hari.

Kepiluan kian terasa ketika video itu menampilkan antrean ambulans yang sedang menunggu giliran jenazah yang diangkutnya untuk diproses. Setidaknya ada tujuh mobil ambulans yang berjejer di TPU Rorotan Jakarta saat itu.

Penggalian petak makam di TPU Rorotan Jakarta juga tidak dilakukan secara manual, melainkan dengan bantuan eskavator. Selain karena terbatasnya tenaga pemakam, eskavator juga membuat proses pemakaman jenazah bisa lebih cepat sehingga ambulans tidak antre lama.

Beberapa orang yang diduga sebagai keluarga jenazah yang akan dimakamkan juga tampak di sekitar makam. Kesedihan dan tangis mereka tidak dapat disembunyikan. Mereka kehilangan keluarga, tapi tidak bisa untuk sekedar melihat dari dekat karena adanya virus mengintai.

TPU Rorotan Jakarta berlokasi di RT 3 RW 9, Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. TPU ini memang dikhususkan sebagai tempat pemakaman jenazah Covid-19 sejak bulan Maret 2021 lalu.

Sejak pertama difungsikan hingga saat ini, TPU Rorotan Jakarta sudah terisi 2.000 jenazah, baik di blok Muslim maupun nonmuslim. Pemakaman jenazah terbanyak di TPU Rorotan Jakarta terjadi pada Rabu (7/7), di mana ada 173 jenazah yang dimakamkan di hari itu.

Kasus kematian akibat Covid-19 memang turut meningkat seiring dengan lonjakan kasus dalam beberapa pekan terakhir. Puncaknya, pada Rabu (7/7) lalu, 1.040 orang dinyatakan meninggal dunia di seluruh Indonesia.

Sementara pada Kamis (8/7), kematian akibat Covid-19 tercatat sebanyak 852 orang. Hal itu membuat akumulasi kematian akibat Covid-19 di Indonesia sejak awal pandemi hingga saat ini adalah 63.760 kasus. (WIL)

Saksikan video pilihan berikut: