Artikel

Dalam Suasana Pandemi, Masyarakat Harus Percaya pada Pemerintah

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Masyarakat Indonesia diminta percaya pada langkah dan kebijakan yang diambil pemerintah selama masa pandemi Covid-19. Hal itu penting untuk mempercepat penanganan krisis yang ditimbulkan oleh pandemi.

Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said mengatakan, dalam konteks krisis, pandemi Covid-19 memiliki kesamaan dengan bencana di Aceh yang terjadi beberapa waktu lalu. Keduanya sama-sama memerlukan kecepatan dalam penanganan.

Menurut Sudirman, pemerintah telah menyusun banyak langkah dan kebijakan agar Indonesia segera terbebas dari pandemi yang sudah 17 bulan melanda ini. Salah satunya adalah mengimbau masyarakat menghindari penularan dengan disiplin protokol kesehatan.

"Setahun belakangan pemerintah juga sudah berupaya dalam menghadapi krisis pandemi," kata Sudirman dikutip dari JPNN.com, Jumat (9/7).

Sudirman mengakui, membangun kepercayaan di tengah krisis memang bukan perkara mudah. Namun pemerintah juga telah melakukan upaya nyata yang bisa disaksikan oleh publik sehingga mereka bisa percaya.

Ia mencontohkan saat pembangunan Kantor BRR. Menurutnya, saat itu masyarakat sempat menyerbu kantor tersebut dan mendudukinya. Namun massa bisa diredam setelah diberi penjelasan.

"Kami jelaskan jadwal pembangunan, sampai progres dan tantangannya, apa adanya," tandas Sudirman.

Untuk itu, ia menekankan pentingnya keterbukaan dalam memberikan penjelasan pada masyarakat. Keterbukaan dan menyampaikan kondisi apa adanya bisa membuat masyarakat turut merasakan kesulitan dalam krisis.

"Caranya ada empat, kebijakan pemerintah yang seragam, dilaksanakan serempak, konsisten dan jadi kan ini gerakan bukan kewajiban," pungkasnya.