Artikel

Darurat Covid-19, Pemerintah Terus Kebut Target Vaksinasi Masyarakat

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Lonjakan kasus Covid-19 hingga mencapai 12 ribu kasus baru per hari belakangan membuat pemerintah gencar mengebut program vaksinasi massal.

Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini vaksinasi per harinya baru mencapai sekitar 500 ribu. Sehingga untuk menciptakan kekebalan komunal (herd immunity), dia menargetkan 1 juta penduduk divaksinasi setiap harinya pada bulan Juli mendatang.

“Tentunya kami berharap target nasional vaksinasi bagi warga dapat tercapai lebih cepat, kekebalan setiap warga terhadap Covid-19 lebih cepat meningkat,” kata Presiden dikutip dari Liputan 6, Minggu (20/6).

Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai target vaksinasi ini, seperti di Polda Banten melayani vaksinasi secara gratis langsung ke rumah masing-masing. Bagi masyarakat yang berusia lanjut, tenaga pendidik, hingga pekerja layanan publik cukup menghubungi call center 110 dan petugas akan mendatangi rumah penerima vaksin tersebut.

“Program Go-vaksin sebagai layanan vaksinasi langsung ke rumah-rumah, vaksin dijajapekeun ka bumi, bagi warga berusia di atas 50 tahun. Layanan jemput bola ini juga diperuntukkan bagi mereka yang berprofesi pendidik dan pelayanan publik. Mereka boleh aktif meminta vaksinasi lewat nomor telepon gratis 110,” kata Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto dikutip dari keterangan resmi, Minggu (20/6).

Sebanyak 129.798 dosis vaksin Covid-19 telah diterima Polda Banten. Untuk pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah, Polda Banten akan bekerja sama dengan TNI dan tenaga kesehatan (nakes).

Di tempat lain, vaksinasi massal juga tengah diselenggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal tersebut.

Menkes menyampaikan pesan Presiden terkait pemberian satu juta vaksinasi per hari yang bisa direalisasikan dengan integrasi antara TNI dan Polri. Mengingat, cakupan wilayah TNI dan Polri bisa mencapai seluruh pelosok daerah.

“Pak Presiden bilang, coba Pak Menkes dibantu biar bisa 400.000 (vaksinasi per hari,” kata Menkes Budi dikutip dari SuaraJakarta.id.

Selain itu, Menkes juga menyarankan pelaksanaan vaksinasi massal sebaiknya dilakukan di lapangan terbuka seperti di stadion.

“Kalau bisa di lapangan terbuka yang sirkulasinya bagus seperti di stadion,” jelasnya. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


0 komentar untuk “Darurat Covid-19, Pemerintah Terus Kebut Target Vaksinasi Masyarakat”
Berikan Komentar: