Artikel

Daun Sungkai Dapat Mengobati Covid-19? Begini Kata Ahli

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Daun Sungkai menjadi perbincangan warganet dalam beberapa waktu terakhir. Disebutkan dalam beberapa pesan, daun Sungkai dapat mengobati Covid-19. Caranya pasien terpapar Covid-19 diharuskan meminum air rebusan daun Sungkai ini. Benarkah demikian?

Apa sih daun Sungkai itu?

Daun Sungkai memiliki nama latin Peronema canescens. Tumbuhan ini disebut asli dari Pulau Kalimantan. Namun, ia juga banyak tumbuh dan ditemukan di sejumlah daerah seperti Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, hingga Jawa Barat.

Melansir Mhomecare.co.id, Minggu (1/8), daun Sungkai disebut banyak tumbuh di hutan sekunder dengan berbagai jenis tanah. Namun daun Sungkai lebih cocok tumbuh di tanah yang cukup mengandung air seperti tepi sungai atau rawa. Sungkai sangat cocok di daerah tropis bercurah hujan A hingga C.

Sebelum diklaim daun Sungkai dapat menyembuhkan Covid-19, tumbuhan berjenis kayu-kayuan ini dipercaya bisa menyembuhkan sejumlah penyakit. Di antaranya adalah menurunkan demam, mengobati malaria, mengobati sakit gigi, menyembuhkan sariawan, hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Klaim daun Sungkai dapat menyembuhkan Covid-19

Klaim ini banyak beredar di media sosial, baik Facebook maupun pesan berantai di WhatsApp. Narasi yang dibangun dalam pesan itu, bahwa daun Sungkai bisa menyembuhkan pasien Covid-19.

Menurut pesan itu pula, daun Sungkai dapat menyembuhkan Covid-19 berdasarkan pengakuan seorang dokter asal Jambi. Bahkan disebutkan, para medis asal Jambi telah berhasil menyembuhkan lima pasien positif Corona dengan daun ini.

Selain narasi tersebut, ada pula narasi lain yang menyebutkan bahwa keampuhan daun Sungkai dalam menyembuhkan Covid-19 juga dikuatkan oleh eks Ketua Satgas Covid-19, Letjen Doni Monardo. Dalam narasi itu, disebut Letjen Doni sudah memerintahkan Pemprov Jabi untuk melakukan penelitian tentang daun yang satu ini.

Tanggapan beberapa ahli tentang daun Sungkai dapat menyembuhkan Covid-19

Salah satu pakar yang menanggapi tentang klaim daun sungkai dapat menyembuhkan Covid-19 ini adalah Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Jambi, Dr. Dedi Mulyadi. Ia menyebutkan, hingga saat ini belum ada pengujian klinis tentang klaim tersebut.

"Maaf, setahu kami belum ada informasi tersebut," kata Deri mengutip Kompas.com, Minggu.

Menurut Deri, hingga kini, belum ada penelitian secara medis yang dapat memastikan bahwa daun sungkai dapat dijadikan sebagai obat alternatif bagi para pasien Covid-19.

"Sebelumnya, saya sudah dapat informasinya. Akan tetapi, secara medis, belum ada penelitiannya. Mungkin informasi awal bagi medis dan perlu penelitian lebih lanjut," ujar dia.

Pernyataan Deri ini juga dikuatkan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19, Profesor Wiku Adisasmito. Menurut Wiku, masih diperlukan penelitian secara ilmiah untuk membuktikan daun Sungkai dapat menyembuhkan Covid-19.

"Ia betul, masih perlu penelitian," kata Wiku.

Sementara menurut laman Covid19.go.id, informasi yang menyebutkan daun Sungkai dapat menyembuhkan Covid-19 merupakan misleading content, atau konten yang menyesatkan karena belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Kesimpulan ini, salah satunya dikuatkan dengan pernyataan Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP Persahabatan, dr. Erlinda Burhan. Menurutnya, rebusan daun sungkai belum memiliki bukti ilmiah bahwa dapat menangkal dari Covid-19.

Nah, ternyata informasi daun Sungkai dapat menyembuhkan Covid-19 adalah klaim yang belum memiliki bukti ilmiah. Terlebih memang hingga kini belum ditemukan obat yang benar-benar bisa menyembuhkan Covid-19. Namun, daripada sibuk mencari obatnya, lebih baik mencegah agar tidak terpapar Covid-19, yaitu dengan protokol kesehatan dan ikut vaksinasi. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: