Artikel

Diajak Kumpul saat Pandemi? Begini Cara Tegas Menolaknya

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Di Indonesia sendiri beberapa waktu belakangan terjadi lonjakan kasus Covid-19. Hal ini membuat pemerintah terus mengimbau masyarakat mengurangi intensitas tatap muka.

Pertemuan tatap muka terlebih jika tanpa jaga jarak serta menimbulkan kerumunan berpotensi terjadi penularan Covid-19.

Jika Anda mendapatkan undangan kumpul-kumpul dari teman atau kerabat sementara tidak berminat menerima tawaran tersebut, Anda bisa mencoba tips berikut ini:

1. Katakan Sejujurnya

Seringkali seseorang enggan menolak ajakan teman atau kerabat lantaran sungkan. Namun ini bisa menimbulkan kesan buruk jika kemudian membuat harapan palsu. Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan di kemudian hari, sebaiknya katakan dengan jujur untuk menolak ajakan kumpul-kumpul.

2. Tanggapan singkat dan positif

Berikan tanggapan singkat dan bernada positif. Seperti: Aku juga kangen sama kalian, tapi kali ini maaf ya aku enggak ikutan dulu. Anda juga bisa menjelaskan alasan mengapa Anda tidak bisa ikut kumpul-kumpul.

3. Memanfaatkan teknologi digital

Gunakan teknologi tatap muka virtual untuk melepas rindu bersama sahabat atau kerabat. Selain telepon, bisa juga dengan cara video call bahkan bermain game online bersama-sama. (CHE)

Simak video berikut ini: