Artikel

Empat Cara Aman Terima Paket saat Pandemi Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Virus Corona mudah menular lewat udara (airborne). Namun tak dapat dipungkiri virus ini juga bisa menular lewat droplet atau aerosol serta lewat transmisi permukaan, ketika menyentuh permukaan tempat seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Lantas, bagaimana dengan risiko penularan saat Anda menerima paket belanja online. Tentu bakteri atau virus bisa menempel di paket kemudian mengontaminasi tangan Anda.

Untuk mencegah tertular bakteri atau virus saat menerima paket, berikut cara aman yang bisa Anda lakukan:

1. Letakkan paket di tempat khusus

Sediakan tempat atau wadah khusus di dekat pagar rumah atau teras agar tidak menerima secara langsung dari kurir. Beritahu kurir agar meletakkan paket Anda di tempat yang telah disediakan.

Apabila tidak memungkinkan dan harus diterima secara langsung, tetap jalankan protokol kesehatan saat menemui kurir. Pakai masker double, jaga jarak, dan sebisa mungkin hindari kontak fisik dengan kurir.

2. Semprot paket dengan cairan disinfektan

Menurut penelitian, virus corona bisa bertahan di permukaan kardus hingga 24 jam dan di plastik hingga 3 hari. Karena itu, segera semprotkan paket dengan cairan disinfektan berbahan alkohol untuk meminimalkan risiko kuman atau virus menempel di kardus atau plastik paket.

3. Buka paket dengan gunting atau pisau khusus

Sebaiknya Anda siapkan gunting atau pisau khusus untuk membuka paket. Buka paket dengan gunting atau pisau tersebut kemudian segera buang bungkus paket. Segera cuci pisau atau gunting setelah digunakan.

4. Cuci tangan dengan sabun setelah membuka paket

Selesai membuka paket, segera cuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir. Mencuci tangan bisa mencegah penularan kuman, bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit. Selain itu, mencuci tangan juga merupakan salah satu anjuran selama pandemi untuk menjaga kebersihan dan menghindari penularan virus Corona. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: