Artikel

Empat Tanda Long Covid yang Perlu Diwaspadai

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Terinfeksi virus Corona memang bisa sembuh. Namun, yang perlu diwaspadai adalah efek jangka panjang pascasembuh yang disebut sebagai long Covid.

Melansir Eatthis.com, sebanyak 20 persen pasien Covid-19 mengalami long covid. Gejala long covid terasa pada kondisi fisik dan mental sehingga cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut empat tanda long covid yang perlu anda waspadai:

1. Brain fog

Merupakan kondisi dimana Anda merasa kesulitan berkonsentrasi dalam jangka waktu tertentu. Banyak pasien Covid-19 yang mengalami kondisi ini setelah sembuh. Jika terus dibiarkan, kondisi ini bisa memengaruhi otak Anda.

2. Fungi indra penciuman dan pengecap turun

Meski sebagian orang sudah mengalami gejala ini pada awal terinfeksi. Ternyata kondisi ini masih terus bisa dirasakan setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

3. Sakit kepala

Gejala ini termasuk paling umum terjadi pada penderita Covid-19. Seringkali, sakit kepala yang dialami cukup berat dan dalam jangka waktu yang relatif lebih lama.

4. Nyeri Dada

Gejala long covid yang satu ini perlu diwaspadai. Nyeri di bagian dada ini seringkali disertai dengan jantung berdebar atau palpitasi. Gejala ini mirip dengan serangan jantung karena itu perlu segera mendapatkan penanganan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan perawatan yang sesuai. Semakin cepat mendapatkan perawatan, diharapkan efek long covid yang menyerang tubuh Anda bisa berkurang. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: