Artikel

Enam Cara Mengembalikan Indra Penciuman Hilang

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Gejala kehilangan indra penciuman dan pengecap seringkali dialami pasien terinfeksi Covid-19. Karena itu, banyak orang mencari cara mengembalikan penciuman hilang dan juga menyembuhkan kembali indra pengecap seperti semula.

Gejala kehilangan penciuman (anosmia) dan pengecap (ageusia) bisa berakibat fatal karena tidak bisa mendeteksi kebocoran gas atau penyebab kebakaran. Selain itu, sulit untuk membedakan aroma makanan yang basi atau tidak. Bahkan bisa menurunkan nafsu makan yang mengakibatkan terganggunya pemenuhan nutrisi pada tubuh.

Ada beberapa cara mengembalikan penciuman hilang serta menyembuhkan kemampuan indra pengecap akibat terpapar Covid-19. Berikut penjelasannya.

Latih indra penciuman

"Latihan itu namanya smell training. Bermanfaat untuk membantu kemampuan indra pulih kembali," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 RS Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dr Tonang Dwi Ardyanto dikutip dari Kompas.com, Selasa (13/7).

Smell training (latihan penciuman) bisa dilakukan dengan mencium benda yang beraroma khas seperti minyak kayu putih, cengkeh, daun mint, jeruk, Vanila. Sedangkan aroma kopi tidak direkomendasikan karena bisa membuat parosmia (gangguan aroma yang tidak semestinya).

Parosmia adalah distorsi (kerusakan) pada indra penciuman. Misalnya benda yang dicium beraroma berbeda menjadi bau busuk, seperti sampah, karet terbakar dan sebagainya.

Cara mengembalikan penciuman hilang bisa dilakukan dengan latihan sebagai berikut:

  • Letakkan benda beraroma khas dibawah hidung

  • Hirup aroma benda tersebut secara dalam selama 15-20 detik

  • Ulangi latihan ini 2-3 kali sehari

  • Lakukan secara berkelanjutan dalam jangka waktu 3-6 bulan atau hingga kemampuan indra pulih kembali.

Bersihkan saluran hidung

Gunakan larutan garam atau cairan saline untuk membersihkan saluran hidung. Produk untuk mencuci hidung ini tersedia di apotek dan Anda bisa mendapatkan dengan mudah.

Cara mengembalikan penciuman hilang ini berfungsi untuk membersihkan jika terdapat sumbatan pada hidung yang membuat indra penciuman hilang.

Semprotkan Nasal spray

Mirip dengan metode cuci hidung, tapi dengan cara menyemprotkan obat steroid dengan jumlah yang sedikit. Cara ini bisa dilakukan bagi pasien yang juga memiliki sinusitis atau polip nasal.

Konsumsi cabai

Kandungan capsaicin dan vitamin C dalam cabai berkhasiat meredakan inflamasi dan meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga membantu mempercepat pemulihan.

Rutin membersihkan gigi dan mulut

Sikat gigi dan menggunakan obat kumur bertujuan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Hal ini penting agar kebersihan rongga mulut tetap terjaga sehingga bisa meningkatkan sensitivitas indra perasa.

Konsumsi bawang putih

Bawang putih berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh dan memiliki efektivitas antivirus. Selain itu bawang putih membantu meredakan inflamasi di sekitar jalur napas dan rongga mulut.

Caranya adalah dengan menumbuk bawang putih kemudian masukkan ke dalam air. Lalu rutin diminum setiap hari.

Konsumsi bawang putih setiap hari merupakan salah satu cara mengembalikan penciuman hilang serta bisa membantu mengaktifkan kembali indra pengecap. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


5 komentar untuk “Enam Cara Mengembalikan Indra Penciuman Hilang”

oleh Abigeil tata  4 bulan yang lalu

"Mantappp, terus beri tahu info baik & bermanfaat ya min"

oleh Ulina wina  4 bulan yang lalu

"Lagi cari2 info anosmia ehh ketemu juga yg bisa membantu memulihkan"

oleh Humairah silvia  4 bulan yang lalu

"Terimakasih atas informasinya saya sedang mengalaminya sekarang"


Berikan Komentar: