Artikel

Enam Cara Merawat Anak yang Positif Covid-19 di Rumah

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Covid-19 tidak hanya menyerang usia dewasa. Belakangan banyak anak-anak dan remaja bahkan balita juga terinfeksi virus Corona.

Data Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) dari total kasus Covid-19 di Indonesia 2.178.272 kasus, sebanyak 12,5 persen diantaranya atau sekitar 200.000 orang merupakan anak-anak.

Apabila anak terinfeksi virus Corona dengan gejala ringan, sangat memungkinkan untuk dirawat di rumah, ketimbang di rumah sakit.

Dokter spesialis anak konsultan infeksi dan penyakit tropik, Dr Nina Dwi Putri memberikan tips bagi orangtua untuk cara merawat yang positif Covid-19 di rumah.

1. Dukungan psikologis

Dokter Nina mengatakan hal pertama yang harus dilakukan orangtua adalah memberikan dukungan secara psikologis pada anak-anak untuk mempercepat kesembuhan.

2. Ajari cara merawat diri dan penerapan protokol kesehatan (prokes)

“Bagi anak-anak yang sudah memasuki usia remaja, orangtua perlu mengajarkan bagaimana cara merawat diri mereka sendiri dan menekankan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di rumah,” kata dr Nina dikutip dari Kompas.com, Kamis (1/7).

3. Pisahkan alat makan

Jika anak positif Covid-19 sedangkan orangtuanya negatif, wajib memisahkan alat makan mereka

4. Aktivitas terpisah dari anggota keluarga lain

Biasakan anak yang positif Covid-19 beraktivitas terpisah dengan anggota keluarga lainnya yang negatif. Meski begitu, tetap pantau aktivitasnya dan berikan perhatian dengan menerapkan prokes yang baik.

5. Jaga asupan makanan

“Asupan yang bergizi dan bernutrisi seperti sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk mempercepat penyembuhan anak-anak yang positif Covid-19,” jelas dr Nina.

6. Tidak menitipkan pada kakek-nenek

Sangat tidak dianjurkan untuk menitipkan anak yang terkena infeksi virus corona kepada kakek atau neneknya. Hal ini lantaran lansia merupakan kelompok berisiko tinggi terinfeksi Covid-19. Jika membutuhkan bantuan, mintalah pada anggota keluarga yang minim risiko penularan atau memakai jasa pengasuh. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: