Artikel

Enam Rekomendasi Kasatgas Tekan Kasus Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito merekomendasikan enam langkah untuk mengendalikan kasus Covid-19 di daerah. Rekomendasi ini disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas.

“Pertama kami akan mengoptimalkan 3k yaitu komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi,” kata Ketua Satgas mengutip keterangan pers virtual BNPB indonesia, Rabu(16/6).

Rekomendasi kedua, dijelaskannya, adalah tentang penguatan disiplin protokol kesehatan (prokes) serta pembatasan mobilitas dan aktivitas penduduk.

“Konsepnya pemerintah daerah dalam hal ini Satgas Covid-19 daerah dan aparat keamanan harus mengawal jalannya prokes 3M serta melakukan kegiatan penegakan disiplin melalui operasi yustisi di daerah zona merah,” jelasnya.

Jenderal bintang tiga itu juga merekomendasikan peningkatan jumlah testing (pemeriksaan) dan memperluas kegiatan tracing (penelusuran).

“Rekomendasi keempat terkait ketersediaan obat dan alat kesehatan yang cukup serta memaksimalkan fungsi karantina terpusat di posko daerah,” tambahnya.

Selanjutnya, dia juga meminta pelaksanaan PPKM berskala mikro lebih diperketat. Selain itu, posko di daerah lebih dioptimalkan dan dimonitor data kasus Covid-19.

“Setiap daerah harus melakukan pemantauan rutin data dan jumlah kasus aktif, kematian, dan kesembuhan serta ketersediaan tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di ICU dan ruang isolasi,” ujar Kepala BNPB.

Yang keenam adalah upaya mengantisipasi lonjakan kasus pada hari raya Iduladha 2021. Menurutnya, libur panjang berpotensi meningkatkan kasus Covid-19 karena ada peningkatan mobilitas penduduk di pusat perbelanjaan, tempat wisata serta tradisi halalbihalal seperti kunjungan keluarga, ziarah makam. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut:


0 komentar untuk “Enam Rekomendasi Kasatgas Tekan Kasus Covid-19”
Berikan Komentar: