Artikel

Enam Tips Aman Pesan Makanan Online Saat Pandemi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Peningkatan penyebaran virus corona akhir-akhir ini membuat pemerintah mengeluarkan aturan PPKM Mikro. Aturan ini membatasi mobilitas serta kegiatan masyarakat di luar rumah.

Tentu bagi sebagian orang tidak sempat memasak atau tidak memiliki keahlian memasak, memesan makanan secara online bisa jadi solusi.

Namun, memesan makanan secara online saat pandemi seperti sekarang ini perlu memperhatikan media pengantaran makanan ke rumah.

Pasalnya, virus corona bisa bertahan hidup pada benda seperti tembaga (4 jam), karton (24 jam), stainless steel (48 jam), dan plastik (72 jam).

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengatakan ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko penularan virus corona saat memesan makanan secara online, yaitu:

  1. Memilih restoran yang terpercaya dan telah terbukti kebersihannya.

  2. Hindari menyentuh permukaan seperti gagang pintu atau pagar saat menjemput pesanan. Segera cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah menerima pesanan dan hindari menyentuh wajah Anda sebelum membersihkan tangan.

  3. Bila memungkinkan, minimalisir kontak dengan kurir online yang mengantarkan makanan. Caranya, meminta mereka meninggalkan makanan di depan pintu rumah atau sediakan tempat khusus agar kurir bisa meletakkan di sana.

  4. Segera pindahkan makanan ke piring atau wadah makanan yang bersih. Panaskan sebentar dengan microwave atau kompor jika memungkinkan.

  5. Segera buang semua kemasan makanan ke tempat sampah dan cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

  6. Cuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah makan. (CHE)