Artikel

Federasi Bulu Tangkis Dunia Akhirnya Minta Maaf

 
 | Arusbaik

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyoroti perlakuan tidak adil yang diterima Tim Bulu Tangkis Indonesia yang dipaksa mundur dari All England 2021. Dengan tegas Menpora menyatakan dukungannya terhadap upaya PP PBSI untuk membuktikan perlakukan diskriminasi yang diterima pemain bulu tangkis Indonesia.

“Jangan sampai kejadian ini kita diamkan, karena peserta Indonesia diam saja. Yang ada mereka akan seenaknya memperlakukan Indonesia,” katanya dalam jumpa pers (18/3) seperti dikutip dari laman Sport Bisnis. Menpora mempertanyakan sistem protokol kesehatan di pesawat yang ditumpangi pemain Indonesia dari Turki ke Birmingham. Pasalnya, ada satu penumpang yang terbukti positif COVID-19 dan akhirnya berdampak pada pemain Indonesia.

Menpora juga meminta kejelasan karena berdasarkan kabar yang beredar, ada satu pemain Turki yang juga ada di dalam pesawat, namun namanya masih sempat terpampang. Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna sempat membeberkan fakta perlakuan diskriminasi yang diterima tim bulu tangkis Indonesia. Pasalnya, pemain Turki yang satu pesawat tidak diminta melakukan karantina, berbeda dengan tim Indonesia.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akhirnya meminta maaf kepada tim nasional Indonesia atas insiden ditolaknya Indonesia dari turnamen All England Open 2021 yang dilaksanakan di Birmingham, Inggris. BWF mengatakan, pihaknya telah berupaya keras untuk bisa memperjuangkan tim Indonesia agar tetap bisa berlaga. Namun, upaya itu tidak membuahkan hasil karena terbentur peraturan ketat dari pemerintah Inggris untuk melindungi warganya dari COVID-19.

"Ini keadaan yang sangat disayangkan dan sesuatu yang tidak diinginkan oleh BWF dan Bulutangkis Inggris untuk tim Indonesia, dan Nesliha Yigit, pemain bulu tangkis dari Turki. Kami dapat mengonfirmasi upaya keras yang dilakukan oleh Badminton Inggris untuk mendapatkan pengecualian dan mencari opsi alternatif. Namun keputusan pemerintah Inggris sudah final," kutip Viva dari laman resmi BWF yang muncul Kamis malam (18/3).