Artikel

Hari Ibu, Iriana Jokowi Dukung Perempuan Lebih Berani Bicara

 
 | arusbaik

ArusBaik.id - Tanggal 22 Desember, setiap tahunnya diperingati sebagai hari ibu. Momen ini kerap dimanfaatkan untuk berterima kasih kepada setiap perempuan, khususnya ibu di seluruh penjuru dunia.

Tak hanya sebagai momen untuk mengucap terima kasih, dalam sambutannya secara virtual pada acara Puncak Peringatan Hari Ibu ke-93 di Yogyakarta, Ibu Negara Iriana Joko Widodo memiliki pandangan lebih.

Ia menilai di momentum ini untuk memberikan perhatian dan pengakuan atas peran penting kaum perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Momentum istimewa ini harus membangkitkan semangat kaum perempuan untuk lebih berani berbicara dan menunjukkan potensinya," ujar Ibu Iriana dikutip siaran pers dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (22/12).

Bahkan, ia menilai kaum perempuan sudah semakin berdaya dalam membangun kesetaraan dan kehidupan yang sejahtera.

"Serta makin inovatif berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” imbuh Ibu Negara.

Ia mengungkapkan perempuan merupakan pilar yang juga berperan sebagai penggerak penting pembangunan bangsa.

Lebih lanjut ia berujar bahwa hal ini telah dibuktikan dengan peran kaum perempuan selama pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak bulan Maret 2020 tersebut.

Selama pandemi, Ibu Iriana mengatakan kaum perempuan telah membuktikan ketangguhan serta daya juangnya untuk bertahan dari berbagai kesulitan.

"Kesulitan-kesulitan ini melindungi anak-anak, keluarga, dan orang-orang disekitarnya agar tetap sehat, tenang, dan produktif,” katanya.

Oleh karenanya, ia mengajak seluruh kaum perempuan untuk terus berjuang dan menjadi perempuan yang berdaya untuk kemajuan Indonesia.

Pasalnya, Ibu Iriana berpendapat, perempuan berperan penting dalam pembentukan karakter bangsa dan  menyiapkan generasi masa depan yang kuat dan tangguh.

Untuk diketahui, tanggal 22 Desember merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tanggal ini menjadi tonggak penting gerakan perempuan Indonesia untuk ikut berkontribusi memajukan bangsa dan negara.