Artikel

Hebat, Indonesia Berperan Penting dalam Penanganan Pandemi di Dunia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan pentingnya Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19 di dunia. Menurutnya, hal itu salah satunya karena letak geografis Indonesia.

"Karakteristik demografis dan geografis ini menjadi sebuah tantangan sekaligus keistimewaan Indonesia dalam pengendalian Covid-19," kata Wiku dikutip dari laman Satgas Covid-19, Selasa (21/9).

Selain letak geografis, jumlah penduduk juga membuat Indonesia berperan penting dalam penanganan pandemi di dunia. Diketahui, jumlah penduduk di Indonesia mencapai 250 juta jiwa, yang artinya mewakili 3,5 persen populasi dunia.

Untuk itu, Wiku menegaskan komitmen Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19. Pasalnya, jika penanganan di Indonesia tidak maksimal, makan penanganan Covid-19 di dunia juga tidak akan berjalan dengan baik.

Selain menangani pandemi, Indonesia juga berperan aktif dalam vaksinasi yang diharapkan bisa menjadi game changer penanganan pandemi itu sendiri. Salah satu yang dilakukan Indonesia adalah terus mempercepat capaian vaksinasi dalam negeri.

Tak hanya itu, Indonesia juga mengupayakan agar distribusi vaksin Covid-19 bisa merata di seluruh dunia. Indonesia menggalang diplomasi vaksin agar penyaluran bisa lebih luas melalui skema COVAC Facility. (WIL)