Artikel

Hutan Mangrove di Bali Jadi Percontohan Provinsi Lain

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Hutan Mangrove yang ada di Provinsi Bali menjadi percontohan model ekosistem hutan mangrove di seluruh Indonesia. Nantinya, model tersebut akan direplikasi ke seluruh provinsi.

Presiden Joko Widodo menjelaskan alasan hutan mangrove Bali jadi percontohan provinsi lain. Salah satunya adalah karena hutan mangrove yang ada di Taman Hutan Raya Ngurah Rai itu bisa dimanfaatkan sebagai sarana edukasi, pariwisata dan penguatan ekonomi.

“Ini akan terus kita lakukan di kawasan-kawasan pesisir untuk memulihkan kawasan hutan mangrove kita dan juga mengantisipasi dan memitigasi perubahan iklim dunia yang terus terjadi,” Presiden saat meninjau kawasan tersebut, Jumat (8/10).

Presiden menambahkan, dirinya berharap penanaman mangrove di pesisir pantai dapat memperbaiki kualitas lingkungan sekitarnya. Energi gelombang dan abrasi pantai juga diharapkan berkurang.

Selain itu, Presiden juga berharap rehabilitasi mangrove dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui produksi hasil laut.

“Utamanya kepiting yang cocok untuk mangrove ini dan yang paling akhir adalah bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” lanjut Presiden.

Nantinya, hutan mangrove tersebut akan menjadi salah satu tempat yang akan ditampilkan kepada para pemimpin negara saat pelaksaan G20 tahun 2022 mendatang. (WIL)

Simak konten pilihan berikut :