Artikel

Ingat! 6 Hal Ini Penting Dilakukan Usai Sembuh dari Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Meskipun telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 dengan hasil negatif tes PCR, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pasien.

Berikut ini enam hal yang harus diperhatikan setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19 menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah, Pondok Indah, dr Dias Septalia Ismaniar SpPD

1. Latihan pernapasan

Pasien yang terinfeksi Covid-19, gangguan pernapasan cenderung banyak dialami dan dikeluhkan oleh pasien, baik yang sedang isolasi mandiri dan yang melakukan perawatan di rumah sakit.

Dias mengatakan, jika selesai isolasi mandiri, keluhan pernapasan masih dominan dirasakan, maka latihan pernapasan menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh pasien.

"Latihan pernapasan seperti yoga atau meditasi bisa," kata Dias mengutip Kompas.com, Senin (23/8).

2. Olahraga ringan

Kiat berikutnya yang perlu dilakukan oleh pasien setelah sembuh dari Covid-19 adalah melakukan olahraga ringan.

"Sebisa mungkin tetap rutin lakukan olahraga ringan," ujarnya.

Olahraga sangat baik dilakukan oleh siapapun, baik orang yang sedang sakit maupun orang sehat. Tetapi, pastikan kita melakukan olahraga sesuai kemampuan kita, jangan asal mengikuti tren yang di luar batas kemampuan tubuh menoleransi gerakan olahraga tersebut.

3. Ubah pola makan sehat

Setelah dinyatakan sembuh, bukan berarti Anda bebas untuk mengonsumsi apapun secara sembarangan.

Makanan sehat dan seimbang akan membantu tubuh tetap bugar dan menambah kekuatan sistem kekebalan tubuh, untuk melindungi diri kita dari serangan patogenesis asing.

4. Membatasi aktivitas

Jika sebelum terinfeksi Covid-19, Anda tergolong orang yang sangat aktif bergerak atau beraktivitas sehari-hari, bahkan dari pagi hingga malam menjelang dini hari.

Maka, Dias menyarankan, pasien yang sudah sembuh dari infeksi Covid-19 sebaiknya membatasi diri dari aktivitas berlebihan yang akan membuat tubuhnya cepat lelah.

"Membatasi aktivitas pada minggu-minggu pertama setalah dinyatakan sembuh itu penting, jangan sampai tubuh kelelahan," tegasnya.

Saat tubuh kita terlampau lelah, maka imunitas atau sistem kekebalan tubuh pun ikut menurun. Jika demikian, tubuh juga akan lebih rentan mengalami sakit.

5. Latihan memori

Aktivitas berikutnya yang perlu dilakukan oleh pasien setelah sembuh dari Covid-19 adalah latihan memori atau daya ingat.

Hal ini dimaksudkan supaya daya ingat ataupun kemampuan otak tidak berkurang, akibat infeksi virus yang ditemukan akhir tahun 2019 ini.

Salah satu alternatif sebagai sarana latihan memori yang disarankan Dias adalah dengan bermain teka-teki setiap hari.

6. Patuh protokol kesehatan

Perlu diingat meski sudah pernah terinfeksi Covid-19, masih sangat mungkin dapat terinfeksi kembali di kemudian hari.

Dengan begitu, penting sekali bagi pasien sembuh dari Covid-19 untuk selalu patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Menjalani protokol kesehatan dengan ketat ini selain berguna melindungi diri sendiri, juga sangat berpengaruh dalam menjaga orang-orang terkasih di sekitar kita, termasuk anggota keluarga di rumah. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


3 komentar untuk “Ingat! 6 Hal Ini Penting Dilakukan Usai Sembuh dari Covid-19”

oleh Firdaus johan  2 bulan yang lalu

"Penting bagi kita untuk tetap melakukan kebisaan baik setiap harinya"

oleh Lintang senja  2 bulan yang lalu

"Harus tetap menjaga pola makan kita tidak bisa abai lagi"

oleh Jihan altrida  2 bulan yang lalu

"Terus olahraga agar badan tetap sehat"


Berikan Komentar: