Artikel

Ini Tips Perawatan Setelah Sembuh dari Covid-19 agar Pulih Maksimal

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Perawatan setelah sembuh dari covid-19 perlu diperhatikan setiap orang yang mengalaminya atau berstatus sebagai penyintas Covid. Dengan perawatan yang baik, pemulihan kondisi tubuh bisa berjalan dengan maksimal.

Seseorang dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah memenuhi beberapa kriteria seperti tidak lagi merasakan gejala atau telah melakukan tes PCR (polymerase chain reaction). Namun belakangan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan rekomendasi yang menyatakan bagi pasien Covid-19 yang bergejala ringan maupun tidak bergejala tidak perlu melakukan tes PCR ulang.

Menurut WHO, pasien positif Covid-19 sudah bisa dinyatakan sembuh ketika ia tidak lagi menunjukkan gejala Covid-19. Namun, agar lebih aman, tes PCR masih digunakan pada beberapa kasus, terlebih pada pasien dengan gejala berat.

Adapun kriteria seseorang sembuh dari Covid-19 yang berlaku di Indonesia adalah:

  • Bagi pasien tanpa gejala, dinyatakan sembuh setelah melewati masa isolasi selama 10 hari.

  • Bagi pasien dengan gejala ringan hingga sedang dinyatakan sembuh setelah melewati masa isolasi selama minimal 10 hari, ditambah 3 hari tanpa gejala.

  • Sementara itu, bagi pasien dengan gejala berat, baru dinyatakan sembuh setelah melewati masa isolasi selama minimal 10 hari, ditambah 3 hari tanpa gejala, dan 1 kali hasil negatif pada tes PCR.

  • Selain itu, kesembuhan seseorang dari Covid-19 juga harus ditentukan berdasarkan penilaian dokter yang menangani.

Jika seseorang telah dinyatakan sembuh, langkah selanjutnya adalah fokus pada pemulihan. Adapun perawatan setelah sembuh dari Covid-19 yang bisa dilakukan di rumah adalah sebagai berikut:

  • Disiplin protokol kesehatan

Poin ini merupakan syarat mutlak bagi mereka yang menjalani perawatan setelah sembuh dari covid-19. Sembuh dari Covid-19 tidak berarti kebal dari virus Corona. Sewaktu-waktu bisa tertular kembali. Karena itu, jangan pernah meremehkan keberadaan virus ini.

Protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain serta mengurangi mobilitas di luar rumah bisa meminimalisir kemungkinan tertular virus Corona.

  • Rutin olahraga

Sembuh dari Covid-19 bukan berarti tidak lagi memperhatikan kesehatan tubuh. Rutin berolahraga membantu perawatan setelah sembuh dari covid-19 berjalan maksimal.

Meski begitu pasien yang baru sembuh dari Covid-19 tidak disarankan berolahraga berat. Olahraga ringan seperti jalan kaki serta melakukan latihan pernapasan rutin selama tiga kali seminggu bisa membantu meningkatkan sistem imun.

  • Hidup sehat dan bersih

Tahapan perawatan setelah sembuh dari covid-19 selanjutnya adalah menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan. Konsumsi makanan bergizi dan seimbang, jaga kualitas tidur, tidak merokok dan menghindari asap rokok serta hindari minuman beralkohol. Selain itu, jangan lupa selalu menjaga kebersihan.

Semoga tips perawatan setelah sembuh dari covid-19 ini bisa membantu pemulihan Anda. Selamat mencoba! (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


0 komentar untuk “Ini Tips Perawatan Setelah Sembuh dari Covid-19 agar Pulih Maksimal”
Berikan Komentar: