Artikel

Jangan Abai, 4 Kondisi Pasien Covid-19 Seperti ini Tidak Boleh Isoman

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Tidak semua kondisi pasien Covid-19 bisa menjalani isolasi mandiri (isoman). Ada beberapa kondisi yang tidak disarankan seperti mereka yang berusia 45 tahun ke atas.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada empat kondisi pasien yang sebaiknya menjalani isolasi langsung di tempat terpusat daerah masing-masing.

"Untuk masyarakat, jika berada dalam salah satu golongan ini mengalami gejala sedang berat, atau berusia atas 45 tahun atau memiliki komorbid dan atau tidak memiliki tempat yang memadai untuk isolasi mandiri," kata Wiku dikutip dari Detik.com, Sabtu (31/7).

Dia meminta pasien Covid-19 dengan kriteria tersebut agar tidak melakukan isoman dan memanfaatkan tempat isolasi terpusat.

"Kami mohon untuk tidak melakukan isolasi mandiri, manfaatkanlah isolasi tempat terpusat yang sudah disediakan di wilayah anda, perawatan di isolasi terpusat diawasi langsung oleh tenaga kesehatan," ujarnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar pasien bisa tetap dipantau tenaga kesehatan jika mengalami perburukan kondisi. Selain itu, di tempat isolasi terpusat tidak hanya kondisi pasien yang dipantau, pola makan dan kepastian obat-obatan pun tersedia.

"Dan dipantau tanda vital, gejala, pola makan dan obat-obatannya sehingga jika terjadi perburukan bisa langsung ditangani," tambahnya.

Namun dia menekankan pasien Covid-19 yang memutuskan isoman sebaiknya memastikan punya tempat isolasi yang memadai serta asupan makanan bergizi dan konsumsi obat yang rutin.

"Jika memutuskan untuk melakukan isoman, pastikan Anda adalah pasien tanpa gejala atau pasien gejala ringan, berusia kurang dari 45 tahun, tidak memiliki komorbid, dan memiliki tempat yang memadai sehingga bisa menghindari kontak dengan anggota keluarga lain yang tinggal di rumah. Pastikan jika isolasi mandiri, makan makanan bergizi, minum obat berkala," jelasnya.

Sementara itu, juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan masih banyak pasien Covid-19 dengan gejala sedang-berat yang tidak mau melakukan isolasi terpusat.

"Kami masih mendapat laporan bahwa masyarakat masih banyak yang tidak mau melakukan isolasi secara terpusat, sehingga saat gejala sudah semakin memberat dan cenderung kritis baru mengakses fasilitas layanan kesehatan," katanya.

Dia menyampaikan kriteria pasien yang Covid-19 harus segera mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan atau tempat isolasi terpusat.

"Ingat, bila kita setiap lebih dari 1 menit melakukan tarikan nafas sebanyak 24 kali atau saturasi oksigen kita kurang dari 94 persen, tandanya kita harus segera mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan ataupun tempat-tempat isolasi terpusat,” jelas Nadia. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: