Artikel

Kabar Baik! Target Vaksinasi 1 Juta Per Hari Tercapai

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah berhasil mengejar target vaksinasi harian yang ditargetkan sebesar 1 juta dosis per hari. Rekor tersebut berhasil dilampaui pada Sabtu (26/6) kemarin.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pada Sabtu kemarin pemerintah berhasil menyuntikkan 1,31 juta dosis kepada masyarakat. Hal ini kata dia berkat kerja sama antara pemerintah dengan banyak pihak.

“Secercah berita baik, Indonesia berhasil melakukan 1.3 juta vaksinasi per hari yang dicapai kemarin (Sabtu). Terima kasih untuk TNI/Polri, Pemerintah Daerah, BUMN dan pihak swasta yang turut membantu,” ujar Budi dalam keterangan pers yang diterima, Minggu (27/6).

Dengan tambahan 1,31 juta dosis itu, pada Sabtu kemarin jumlah total vaksin yang sudah diberikan mencapai 40 juta lebih. Rinciannya, 27 juta orang penerima dosis pertama, dan 13 juta orang penerima dosis lengkap.

Vaksinasi, kata Budi, menjadi salah satu upaya penting dalam mengurangi laju penyebaran virus sehingga mengurangi lonjakan kasus dan membawa Indonesia keluar dari pandemi. Untuk itu, pemerintah terus berusaha mempercepat program vaksinasi nasional.

Selain membuka keran vaksinasi massal, Kemenkes juga telah menambah pos pelayanan vaksinasi. Seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) milik Kemenkes di seluruh daerah kini telah disulap menjadi sentra vaksinasi. Masyarakat bisa datang dan divaksin tanpa syarat domisili.

Pemerintah juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin baik lewat skema multilateral maupun bilateral demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi tetap tinggi di angka satu juta dosis per hari.

“Jadi, saya undang seluruh masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya karena hanya dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, kita dapat keluar dari pandemi,” tambah Budi. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: