Artikel

Kasus Aktif Covid-19 Melonjak, Ayo Ingat Pesan dr. Reisa!

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mengingatkan masyarakat untuk tetap patuh melaksanakan protokol kesehatan, terutama mengenakan masker.

Reisa menegaskan, memakai masker merupakan cara jitu untuk melawan Covid-19 dan sejumlah varian barunya. Namun ia menyebut masker yang digunakan juga tidak masker.

“Masker yang dipakai pun harus yang ampuh menangkal droplets masuk ke tubuh kita lewat rongga mulut dan hidung,” jelas Reisa, katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (16/6).

Salah satu masker yang bisa digunakan adalah masker medis. Namun, Reisa menekankan masker medis itu harus yang sudah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan.

Selain menggunakan masker, Reisa juga berpesan agar tidak melepas masker sembarangan terutama saat kondisi ramai dan di ruang tertutup.

"Virus adalah makhluk mikro organisme yang dapat saja melayang di udara ruang tertutup atau bersifat aerosol,” tegas Reisa.

Dalam kesempatan tersebut, Reisa juga berbagi tips kepada masyarakat agar kasus Covid-19 bisa dikendalikan. Pertama, kata dia, masyarakat harus melapor ke Puskesmas terdekat jiga pernah kontak erat dengan seorang yang terpapar Covid-19.

Kedua, turut menyuseskan program vaksinasi nasional yang sedang digalakkan pemerintah. Sementara yang ketiga, para penerima vaksin tetap bisa menularkan virus kepada orang lain, sehingga diperlukan untuk tetap disiplin protokol kesehatan.

“Tidak ada cara mengakhiri pandemi ini kecuali dengan cara memutus penularan bersama-sama,” pungkasnya. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut: