Artikel

Kasus Covid-19 Melonjak, Ini 3 Strategi Pemerintah

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah telah menetapkan tiga kerangka strategi dalam rangka merespons lonjakan kasus Covid-19 masih terus terjadi. Menurutnya strategi itu berdasarkan arahan dari Badan kesehatan Dunia alias WHO.

Menkes Budi menjelaskan, tiga kerangka strategi itu adalah deteksi, terapeutik, dan vaksinasi. Deteksi dilakukan memperkuat testing, tracing dan treatment (3T). Sedangkan vaksinasi, pemerintah sedang menggencarkan vaksinasi massal 1 juta suntikan dalam sehari.

"Itu tiga strategi untuk mengatasi pandemi untuk orang yang sehat. Sedangkan untuk yang sudah sakit, ada strategi perawatan (terapeutik),” ujarnya mengutip keterangan resmi, Jumat (2/7).

Jumlah pengetesan dan pelacakan bakal ditingkatkan hingga tiga sampai empat kali dari sebelumnya. Menurut Menkes Budi, hal itu seperti yang dilakukan negara lain yang memiliki angka kasus Covid-19 tinggi.

Pemerintah, lanjut Menkes Budi, juga akan memprioritaskan pengetesan epidemiologis atau dikhususkan untuk suspek atau orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

“Jadi kita bisa mengharapkan mungkin dari sekitar 100 ribu sekarang kita bisa naikkan menjadi 400-500 ribu testing perhari," tandasnya.

Sementara itu pasien yang dirawat di RS, kata Menkes, hanya pasien yang memiliki gejala sedang sampai berat. Hal ini bertujuan agar pasien yang tidak bergejala tidak akan terekspos oleh virus di rumah sakit.

“Jadi masyarakat tidak usah panik, kalau tidak ada sesak nafas, kalau saturasi oksigennya masih di atas 95 persen, kalau tidak ada komorbid, lebih baik dirawat di rumah kalau dia positif, atau dirawat di isolasi terpusat seperti di Wisma Atlet,” lanjutnya. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


0 komentar untuk “Kasus Covid-19 Melonjak, Ini 3 Strategi Pemerintah”
Berikan Komentar: