Artikel

Kasus Covid-19 Turun Drastis, Indonesia Lebih Baik dari Negara Tetangga

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan hasil yang positif. Kasus Covid-19 terus mengalami penurunan drastis setelah puncak kasus yang terjadi pada Juli 2021 lalu. Bahkan, kondisi Indonesia saat ini lebih baik dari negara tetangga.

Presiden Joko Widodo saat berbicara dalam acara UOB Economic Outlook 2021 pada Rabu (15/9) kemarin mengatakan, kasus harian Covid-19 di Indonesia terus turun. Pada puncak tanggal 15 Juli 2021, kasus harian mencapai 56.000, namun saat ini berada di angka 2500-an.

"Sebuah penurunan yang sangat tajam. Persentase kasus harian sebesar 13,6 kasus harian per satu juta. Jauh di bawah negara-negara tetangga kita di ASEAN," kata Presiden.

Selain kasus harian, perbaikan juga tampak pada tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit. Saat ini BOR Rumah Sakit Rujukan Covid-19 mengalami penurunan hingga 13,8 persen. Sedangkan BOR di Wisma Atlet kini tinggal 7 persen saja.

Positivity rate Covid-19 di Indonesia berada di angka 2,64 persen per 12 September 2021. Jumlah ini lebih daripada rata-rata dunia yang di angka 8,34 persen.

"Angka kesembuhan kita 94,03 persen, di atas rata-rata dunia yang 89,59 persen," tandasnya.

Dipuji Banyak Negara

Keberhasilan pemerintah dalam menangani pandemi ini juga diakui dan diapresiasi banyak negara. Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang menyebut pujian disampaikan banyak negara saat dirinya hadir dalam pertemuan G20 di Roma, Italia pada 5-6 September 2021 lalu.

Pertemuan itu, kata Menkes, adalah pertemuan fisik pertama dirinya sebagai Menkes dengan insan kesehatan dari seluruh dunia.

Menkes menyebutkan, ada dua hal yang mengundang perhatian dan apresiasi negara-negara lain terkait penanganan pandemi di Indonesia. Pertama terkait kecepatan laju vaksinasi Covid-19. Lalu kedua terkait keberhasilan Indonesia melalui puncak lonjakan kasus Covid-19.

Pujian juga disampaikan negara-negara lain atas penanganan pandemi dan keberhasilan Indonesia melalui lonjakan kasus pada bulan Juli 2021 lalu.

Negara-negara itu, kata Menkes, tidak menyangka akhirnya lonjakan kasus Covid-19 harian di Indonesia dapat diatasi, yang mana sekarang sudah mulai landai.

"Wah kok akhirnya turunnya hebat sekali," kata Menkes menirukan keheranan perwakilan negara-negara itu.

"Tapi saya dengan kerendahan hati bilang, turunnya itu karena memang tim seluruh Indonesia bekerja keras," jawab Menkes kepada mereka.

Menkes mengakui, saat diterpa badai Delta lalu, Indonesia banyak dicela di dunia internasional. Namun saat ini kondisinya berbalik, yaitu negara-negara yang dulunya mencela kini juga menghadapi badai Delta.

Lebih jauh, Menkes kembali mengingatkan masyarakat Indonesia untuk tidak berlebihan dalam euforia landainya kasus Covid-19. Sebaliknya, masyarakat harus terus waspada karena Covid-19 bisa mengintai kapan saja. (WIL)