Artikel

Kasus Menurun, Indonesia Masuk 10 Besar Negara Vaksin Terbanyak

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Penanganan Covid-19 di Indonesia membuahkan hasil. Hal ini dapat dilihat dari terus menurunnya indikator penanganan Covid-19 seperti kasus harian hingga kasus aktif. Salah satu penyebabnya adalah gencarnya vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, vaksinasi di Indonesia masuk ke jajaran 10 besar negara terbanyak di dunia. Indonesia bahkan sudah melampaui target 10 persen penduduk yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Indonesia sudah melampaui target 10 persen, bahkan sudah mencapai benchmark atau target 40 persen pemberian dosis pertama. Sedangkan sebanyak 22,73 persen dari 208.265.720 sasaran vaksinasi di Indonesia sudah menerima dosis kedua. Prestasi ini menempatkan Indonesia di 10 besar negara dengan suntikan vaksin terbanyak di dunia," kata Reisa dalam jumpa pers yang disiarkan Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (24/9).

Reisa menyebutkan, keberhasilan vaksinasi di Indonesia ini merupakan hasil dari kesuksesan pemerintah mengamankan kebutuhan vaksin dalam negeri. Per 24 September 2021 lalu, Indonesia sudah menerima total 273,6 juta dosis vaksin dengan berbagai merk dan saluran penerimaan.

Dari jumlah vaksin yang diterima itu, sebanyak 179,8 juta dosis di antaranya sudah disalurkan ke seluruh daerah, yang sebagian besarnya sudah diberikan kepada masyarakat.

Reisa menegaskan, seluruh vaksin yang diterima Indonesia adalah vaksin yang berkhasiat. Hal ini dibuktikan dengan izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta sudah terdaftar di WHO. Dengan demikian, Reisa mengimbau masyarakat menghargai perjuangan tersebut dengan cara segera vaksinasi dan tidak memilih-milih vaksin. (WIL)