Artikel

Keluarga Positif Covid-19? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kepanikan saat mengetahui ada anggota keluarga atau orang terdekat yang terpapar Covid-19 adalah hal wajar. Namun, jangan berlebihan paniknya ya. Usahakan tetap tenang dan lakukan hal-hal yang direkomendasikan oleh tim satgas di daerah masing-masing.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ada anggota keluarga yang terpapar Covid-19:

  • Tetap tenang, koordinasi dengan Satgas setempat.

Kepanikan bisa membuat situasi malah semakin kacau. Ketika ada keluarga terpapar, ada baiknya tetap tenang dan berkoordinasi dengan tim satuan tugsa (Satgas) Covid-19 setempat.

Laporkan kasus di rumah itu kepada RT/RW dan puskesmas setempat. Tujuannya agar Satgas bisa melakukan tracing dan mengambil langkah tepat berikutnya.

  • Lakukan tes swab PCR.

Bagi anggota keluarga lain yang tidak terpapar, alangkah lebih baik bila mengikuti tes polymerase chain reaction (PCR). Ini berguna untuk mengetahui apakah anggota keluarga lain juga terpapar Covid-19 atau tidak.

Tes PCR bagi anggota keluarga lain juga sangat dianjurkan terutama bagi yang kontak erat dengan keluarga yang positif. Adapun kriteria kontak erat sebagai berikut:

  1. Tatap muka atau berdekatan radius 1 meter selema 15 menit atau lebih;

  2. Sentuhan fisik langsung;

  3. Perawat yang kontak langsung tanpa alat pelindung diri (APD);

  4. Situasi lain berdasarkan penilaian Satgas Covid-19 setempat.

  • Isolasi mandiri.

Setelah melakukan tes PCR, biasanya hasil belum bisa diketahui seketika itu. Maka langkah berikutnya adalah melakukan isolasi mandiri. Batasi interaksi dengan orang lain hingga hasil tes keluar.

Jika hasilnya keluar dan positif, maka harus melanjutkan isolasi hingga setidaknya 10-14 hari. Namun jika merasa ada gejala, sebaiknya koordinasi dengan puskesmas setempat untuk opsi perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19.

Jaga asupan makanan dan vitamin.

Covid-19 akan menyerang ketika daya tahan tubuh lemah. Oleh karena itu, selama masa menunggu hasil PCR keluar, pastikan selalu memakan makanan yang bergizi dan minum vitamin.

  • Saring informasi.

Selain daya tahan tubuh, Covid-19 juga bisa menyerang ketika pikiran stres dan kepanikan berlebih. Umumnya orang yang stres cenderung tidak memperhatikan kesehatan tubuh, bahkan enggan untuk makan.

Nah sering kali, pikiran yang kacau terutama dalam situasi pandemi dipengaruhi oleh informasi yang dikonsumsi. Maka sangat penting bagi siapa saja untuk menyaring informasi. Hindari hoax!

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ada anggota keluarga yang positif Covid-19. Sebelum hal itu terjadi, adakalanya diantisipasi dengan disiplin prokes dan ikut vaksin. (WIL)


3 komentar untuk “Keluarga Positif Covid-19? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini”

oleh jovan  3 bulan yang lalu

"tips yg sangat akurat nihh"

oleh chika bernita  3 bulan yang lalu

"tetap jaga keluarga kita, isolasi mandiri dan pisahkan diri"

oleh olivia chelsea  3 bulan yang lalu

"Kalau sudah ketahuan satu anggota yg covid usahakan seluruh anggota yg tinggal bersama test swab"


Berikan Komentar: