Artikel

Keren, Indonesia Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia Meski Pandemi Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kabar baik, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia versi World Giving Index 2021. Setiap tahun, Charities Aid Foundation (CAF) merilis World Giving Index yang berisi daftar negara di dunia yang masyarakatnya disebut paling dermawan.

Laporan WGI tahun ini mengusung tema pandemi yang sekaligus meneliti dampak Covid-19 terhadap kedermawanan masyarakat di suatu negara.

"Pandemi yang terjadi tahun ini menghasilkan laporan yang berbeda dan memperlihatkan betapa besarnya efek dari Covid-19. Dimana tak sedikit orang yang membantu orang asing di seluruh dunia yang terdampak," kata Catherine Mahoney, Manager Riset CAF dikutip dari Detik.com, Sabtu (10/7).

Ada tiga indikator yang menjadi penilaian WGI tahun ini. Meliputi kesukarelaan menolong orang asing, menyumbang uang untuk yayasan amal dan meluangkan waktu sebagai sukarelawan di suatu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Dari tiga indikator yang menjadi ukuran WGI, Indonesia menempati peringkat pertama dengan total skor 69 persen. Kriteria tertinggi ada pada kesediaan masyarakat Indonesia untuk beramal ke yayasan sosial sebesar 83 persen, kesedian menolong orang asing 65 persen, dan kesediaan menjadi sukarelawan di LSM sebesar 60 persen.

Berikut daftar lengkap 10 negara paling dermawan versi World Giving Index 2021:

  1. Indonesia (69 persen)

  2. Kenya (58 persen)

  3. Nigeria (52 persen)

  4. Myanmar (51 persen)

  5. Australia (49 persen)

  6. Ghana (47 persen)

  7. Selandia Baru (47 persen)

  8. Uganda (46 persen)

  9. Kosovo (46 persen)

  10. Thailand (46 persen)

(CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: