Artikel

Keren! Ini Ragam Aksi Solidaritas di Masa Pandemi Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia beberapa waktu belakangan membuat Indonesia dihadang berbagai masalah. Diantaranya pasokan tabung oksigen medis untuk perawatan pasien Covid-19 yang menipis.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran kasus Covid-19. Di sisi lain, masyarakat pun tidak tinggal diam, atas nama kemanusiaan, aksi-aksi sosial pun bermunculan untuk membantu pasien Covid-19 yang membutuhkan pertolongan.

Adapun aksi solidaritas tersebut yakni:

1. Gerakan Solidaritas Tabung Oksigen Gratis.

Aksi ini menyediakan tabung oksigen gratis di wilayah Jabodetabek pada 1-20 Juli 2021. Salah satu inisiator Gerakan Solidaritas Tabung Oksigen Gratis Erry Riyana Hardjapamekas mengatakan dari total 101 tabung oksigen yang tersedia, dalam 3 hari sudah terdapat 70 lebih tabung oksigen yang didistribusikan kepada warga yang sudah mendaftar secara online. Namun, dia menjelaskan tabung oksigen yang tersedia dipinjamkan berdasarkan kondisi kesehatan pasien.

“Kami meminjamkan tabung oksigen gratis selama 5-7 hari. Setelah tabungnya dikembalikan kepada kami, lalu kami isi lagi tabungnya dan kami siapkan untuk warga lainnya yang membutuhkan,” kata Erry dikutip dari Popmama, Kamis (8/7)

Proses peminjaman tabung oksigen selama kurang lebih satu minggu ini gratis dan bisa diantarkan ke rumah warga yang membutuhkan. Diharapkan dengan adanya gerakan ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan oksigen dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19.

Cara meminjam tabung oksigen:

-mengisi formulir online https://bit.ly/pinjamoksi (tersedia untuk warga jabodetabek)

- Bagi yang sudah memenuhi syarat selanjutnya diminta menandatangani surat pernyataan bermaterai Rp10.000

- Tabung bisa diantar ke rumah pasien atau bisa diambil sendiri ke kantor Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia (GSSTA), Gedung Komunitas Utan Kayu, Jalan Utan Kayu No. 68H, Jakarta Timur.

Untuk informasi lebih lanjut bisa memantau instagram @sejutates atau website https://sejutates.id/.

2. Donor Plasma Konvalesen

Plasma konvalesen diyakini bisa membantu pasien membentuk antibodi untuk melawan infeksi virus. Terapi plasma konvalesen merupakan terapi yang memberikan plasma atau bagian darah mengandung antibodi dari pasien Covid-19 yang telah sembuh (penyintas) kepada pasien yang sakit.

Terapi ini membutuhkan plasma darah penyintas Covid-19 yang telah dua kali dinyatakan negatif dalam pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan serta telah melakukan isolasi mandiri (Isoman) selama 14 hari di rumah.

Metode pengambilan dan transfusi mirip seperti donor darah biasa. Namun, sampel yang digunakan hanyalah plasma darah.

Untuk mendaftar donor plasma konvalesen, calon pendonor bisa menghubungi call center plasma konvalesen 117 extension 5. Hal yang sama berlaku bagi mereka yang ingin mencari ketersediaan plasma konvalesen. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut:


4 komentar untuk “Keren! Ini Ragam Aksi Solidaritas di Masa Pandemi Covid-19”

oleh Tika ratna desi  4 bulan yang lalu

"Nahh aksi solidaritas seperti ini yg seharusnya ditingkatkan"

oleh Restu putri  4 bulan yang lalu

"Bersyukur bgt di dunia ini masih banyak orang2 baik yg peduli dan sangat dibutuhkan saat pandemi seperti ini"

oleh Viola amanda  4 bulan yang lalu

"Terimakasih untuk orang2 yg masih peduli sesama"


Berikan Komentar: