Artikel

Keren! Pasien Isoman Sudah Bisa Konsultasi Online dengan Dokter

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah telah mengupayakan berbagai cara untuk menangani lonjakan kasus Covid-19. Yang terbaru, menyediakan layanan konsultasi daring atau telemedicine bagi pasien isolasi mandiri (isoman) serta mendapat obat dan vitamin gratis.

“Pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi isu seperti kekurangan kapasitas rumah sakit dengan membangun rumah sakit (RS) darurat di setiap provinsi, maupun pasokan oksigen, yakni dengan membangun RS darurat, menyediakan layanan w (konsultasi daring) bagi pasien isolasi mandiri serta melakukan impor tabung oksigen,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dikutip dari keterangan resmi, Senin (5/7).

Sementara bagi pasien yang positif Covid-19 tapi tidak mengalami gejala (OTG) maupun masih memiliki saturasi oksigen di atas 95 diwajibkan melakukan isoman di rumah dan akan mendapatkan layanan konsultasi daring atau telemedicine serta mendapat obat dan vitamin secara gratis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Bagi teman-teman yang positif Covid-10 namun kondisi saturasinya masih 95 persen ke atas, kemudian tidak sesak dan tidak komorbid, sebaiknya isolasi mandiri di rumah. Ini juga untuk menghindar dari exposure viral mode yang tinggi di rumah sakit. Secara emosional juga akan lebih baik,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Saat ini Kemenkes telah bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk menyediakan jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat secara gratis.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada 11 platform ini yaitu AloDokter, Get Well, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, LinkSehat, Milfield Dokter, ProSehat, SehatQ dan YesDok. Semua akan dilakukan berbasis digital, dan juga terintegrasi dengan 742 lab PCR di seluruh Indonesia,” kata Menkes Budi.

Bagi pasien positif yang tidak bergejala akan mendapatkan paket obat yang terdiri atas vitamin C, B, E dan Zinc. Sementara yang bergejala ringan akan mendapatkan paket multivitamin, Azithromycin 500 mg, Oseltamivir 75 mg dan Parasetamol Tab 50 mg.

Kemenkes kini juga telah memiliki sistem New All Record (NAR) sebagai sistem big data yang terintegrasi dengan 742 laboratorium, untuk memberikan laporan pemeriksaan PCR maupun Antigen secara real time tentang jumlah kasus positif Covid-19. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: