Artikel

Lengan Terasa Nyeri Setelah Disuntik Vaksin, Begini Penjelasannya

 
 | ArusBaik

Rasa sakit dan nyeri yang timbul usai disuntik tersebut sebenarnya merupakan efek samping dari tindakan medis. Biasanya akan bertahan hingga sehari atau dua hari, kemudian menghilang dengan sendirinya.

Menurut American Lung Association rasa sakit dan nyeri hingga ke otot lengan setelah disuntik vaksin biasanya karena sistem imun yang sedang bereaksi. Hal ini terjadi lantaran vaksin yang berisi virus tidak aktif memicu reaksi sistem imun untuk memproduksi berbagai antibodi. Saat antibodi berusaha melawan virus tidak aktif tersebut, biasanya akan muncul respon alergi seperti kulit menjadi gatal, kemerahan, atau pembengkakan.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit usai disuntik vaksin:

  • Mintalah disuntik pada salah satu lengan yang jarang dipakai bekerja.

Hal ini bertujuan mengurangi rasa sakit pada lengan setelah disuntik. Misalnya jika lebih sering pakai tangan kanan untuk menulis, makan atau gerakan aktif lainnya, sebaiknya minta dokter atau perawat menyuntikkan pada lengan kiri. Sehingga tetap bisa beraktivitas dengan nyaman usai vaksinasi.

Selain itu, upayakan mengurangi tegangan atau tekanan pada tangan yang mendapat suntikan. Lakukan gerakan tangan ringan secara perlahan untuk membantu menyebarkan vaksin ke seluruh bagian tubuh.

  • Kompres

Kompres area sekitar lengan yang terasa sakit setelah disuntik dengan handuk bersih yang telah dibasahi dengan air hangat atau dingin. Hal ini untuk mengurangi reaksi alergi di sekitar suntikan seperti pembengkakan, kulit kemerahan atau lengan terasa seperti terbakar.

  • Minum obat pereda nyeri

Gunakan obat pereda nyeri seperti ibuprofen setidaknya dua jam setelah mendapat suntikan untuk membantu mengurangi rasa sakit setelah divaksin.

  • Konsultasi dengan dokter

Reaksi alergi pada lengan setelah disuntik wajar terjadi dan tidak berbahaya. Namun jika terjadi reaksi berlebih seperti pembengkakan makin besar atau rasa sakit tidak hilang lebih dari dua hari. Segera hubungi dokter Anda. Biasanya tertera nomor kontak dokter untuk konsultasi pada lembar bukti vaksinasi yang Anda terima. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


5 komentar untuk “Lengan Terasa Nyeri Setelah Disuntik Vaksin, Begini Penjelasannya”

oleh tu  2 bulan yang lalu

"tael"

oleh Gita gustava  4 bulan yang lalu

"Tidak ada hal yg berbahaya setelah suntik vaksin"

oleh Yuliana jelita  4 bulan yang lalu

"Jangan terlalu berpikir negatif karena merasa nyeri dilengan yg bekas disuntik itu wajar"


Berikan Komentar: