Artikel

Lima Cara Unik Tiap Negara Bujuk Vaksin Warganya

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Tidak hanya Indonesia yang punya cara unik menggaet warganya ikut vaksinasi Covid-19 dengan menghadiahkan ayam. Ternyata ada juga beberapa negara lain yang menawarkan imbalan bagi warganya yang bersedia ikut vaksinasi.

Sejumlah imbalan ini ditawarkan lantaran masih banyak yang meragukan vaksin tapi varian virus yang lebih menular telah menimbulkan lonjakan kasus beberapa pekan terakhir.

Thailand

Otoritas distrik Mae Chaem Thailand yang terletak di utara Chiang Mai meluncurkan undian sapi bagi warga yang mendaftar vaksin.

“Ini adalah hadiah terbaik yang pernah ada,” kata Inkham Thongkham (65) setelah memenangkan sapi betina berusia satu tahun senilai 10.000 bath usai menerima vaksin Covid-19, dikutip dari Tempo, Senin (21/6).

Hingga minggu kedua bulan Juni 2021 sebanyak 27 sapi telah diberikan pada warga. Pihak berwenang mengungkapkan lebih dari 50% dari 1.400 penduduk distrik tergerak mengikuti vaksinasi berkat sayembara tersebut.

Dari 66 juta total penduduk Thailand, hanya 4,76 juta yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19.

Hong Kong

Berbagai cara juga ditempuh pemerintah Hong Kong untuk mendorong warganya menerima vaksinasi. Banyak warganya yang enggan divaksin lantaran ada disinformasi dan ketidakpastian terkait keamanan, kemanjuran serta masalah agama.

Pihak berwenang Hong Kong menawarkan undian berhadiah bagi mereka yang telah divaksinasi diantaranya voucher belanja, tiket penerbangan, bahkan apartemen baru senilai HK$10,8 juta (Rp19,9 miliar).

Selain itu, beberapa perusahaan juga memberikan insentif cuti berbayar bagi mereka yang telah menerima suntikan vaksin. Namun, ada juga sebuah klub olahraga swasta yang menggunakan hukuman bagi mereka yang enggan divaksin tidak akan menerima bonus, promosi, bahkan kenaikan gaji di masa mendatang.

Rusia

Wali Kota Moskow mengadakan undian berhadiah mobil mewah bagi warganya yang mau menerima vaksin Covid-19.

“Ini solusi sementara saja. Untuk menghindari lockdown lagi ke depannya plus mendorong perkembangan situasi yang lebih baik, kita harus menggenjot kampanye vaksinasi Covid-19,” kata Wali Kota Sergei Sobyanin.

Menurutnya, hingga akhir Mei lalu baru 1,3 juta dari 12 juta penduduk Moskow yang telah menerima setidaknya dosis pertama vaksin Covid-19.

Moskow melaporkan 7.704 kasus baru pada minggu lalu dan secara keseluruhan terdapat 14.723 kasus baru Covid-19 di Rusia.

Rumania

Warga yang mau disuntik vaksin Covid-19 di pasar Obor, Bucharest berhak menerima Minci secara cuma-cuma. Minci merupakan daging giling panggang tradisional Rumania yang berbentuk seperti sosis.

Pemerintah Rumania membuka pusat vaksinasi cepat di sejumlah tempat publik seperti pasar, bandara dan gedung konser, serta mengirim dokter dari pintu ke pintu di desa untuk memberikan pelayanan vaksinasi.

Hal ini dilakukan setelah gagal memenuhi target untuk memvaksinasi 5 juta orang pada bulan Juni dan baru seperlima dari total populasi 4,47 juta orang yang telah divaksin.

Serbia

Pemilik restoran Stavro Raskovic di kota Kragujevac, Serbia menawarkan hidangan sapi panggang gratis bagi mereka yang sudah divaksin.

“Bisnis kami, katering sangat terpukul… dan jika ini (vaksinasi) adalah jalan keluarnya, maka kami ingin berkontribusi,” kata Raskovic.

Sepertiga dari 7 juta penduduk Serbia telah menerima setidaknya satu dosis vaksin. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


5 komentar untuk “Lima Cara Unik Tiap Negara Bujuk Vaksin Warganya”

oleh Melati suci  5 bulan yang lalu

"Lucuu bgt yg hadiahnya sapi, lumayan tuh buat makan sekeluarga"

oleh Olivia ismi  5 bulan yang lalu

"Semangattt vaksin semua"

oleh Fadhil yeski  5 bulan yang lalu

"Tapi kalau dinegaramu gk ada imbalannya yaa harus sadar diri ya divaksin kan keuntungannya untuk diri kita sendiri"


Berikan Komentar: