Artikel

Lima Tips Jaga Kesehatan Mental Ibu Hamil saat Pandemi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pandemi Covid-19 membuat kondisi Ibu hamil menjadi sangat rentan dan mudah stres. Tentu bagi ibu hamil, tidak hanya penting menjaga kondisinya sendiri tapi juga janin yang dikandungnya.

Kondisi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai ini bisa memicu stres tak terkecuali bagi ibu hamil. Padahal kondisi stres berkepanjangan bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan janin.

Agar terhindar dari stres berlebih selama pandemi, tips berikut ini mungkin bisa membantu ibu hamil:

1. Hindari baca berita secara berlebihan

Batasi membaca berita tentang Covid-19. Sebaiknya ibu hamil, membaca informasi yang bermanfaat dan dibatasi agar tidak menimbulkan kecemasan berlebih yang bisa mengakibatkan stres.

2. Batasi penggunaan media sosial

Media sosial seringkali membuat kita bahagia karena menghubungkan dengan teman-teman. Namun, kabar buruk dari teman juga bisa membuat ibu hamil khawatir, cemas, jengkel dan marah. Ibu hamil sebaiknya membatasi penggunaan media sosial agar tidak mudah stres dengan konten-konten yang disajikan.

3. Istirahat yang cukup

Kurang tidur bisa berakibat buruk bagi kesehatan ibu dan janin. Usahakan agar tidur tepat waktu dan mengurangi kegiatan seperti melihat ponsel terutama sebelum waktu tidur di malam hari.

4. Kelola stres dengan beragam aktivitas

Selama hamil dan di rumah saja tentu sangat membosankan. Lakukan kegiatan yang menyenangkan bagi ibu hamil seperti membaca, nonton, bercocok tanam atau merajut. Apapun kegiatan yang dilakukan asalkan disukai tentu jadi menyenangkan untuk dilakukan.

5. Olahraga dan jaga pola makan

Penting bagi ibu hamil menjaga pola makan selama masa kehamilan. Makanan bergizi dan sehat baik untuk perkembangan janin serta membuat kondisi ibu pun terjaga.

Selain menjaga pola makan, olahraga yang teratur baik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental selama periode kehamilan. Pilih olahraga ringan seperti yoga atau meditasi atau jalan pagi untuk menjaga kondisi ibu dan janin tetap prima. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: