Artikel

Mantap! 280 Juta Dosis Vaksin Berhasil Diamankan Indonesia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Vaksinasi menjadi salah satu upaya penting dalam penanganan pandemi Covid-19. Indonesia sendiri sudah melakukan vaksinasi Covid-19 sejak Januari 2021, dan terus berlangsung hingga saat ini.

Selain menggencarkan vaksinasi kepada masyarakat, pemerintah juga berupaya keras untuk mengamankan stok vaksin untuk kebutuhan dalam negeri. Hingga bulan Oktober 2021 ini, Indonesia berhasil mengamankan 280 juta dosis vaksin Covid-19.

Mengutip laporan Capaian Kinerja 2021, Rabu (25/10), Indonesia berhasil memperoleh 280.527.920 dosis vaksin hingga tanggal 4 Oktober 2021. Vaksin-vaksin itu terdiri dari beberapa merk yang digunakan pemerintah.

Adapun rinciaannya adalah vaksin Sinovac 219.676.280 dosis, AstraZeneca 28.190.720 dosis, Sinopharm 8.450.000 dosis, Moderna 8.000.160 dosis, dan Pfizer 15.710.760.

Dalam rangka mengamankan kebutuhan vaksin dalam negeri itu, pemerintah menggencarkan diplomasi kepada negara produsen dan perusahaan vaksin-vaksin tersebut, melalui jalur bilateral dan multilteral.

Terkini, Indonesia tengah melobi Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk menjadi pusat distribusi vaksin Covid-19 untuk kawasan Asia-Pasifik.

Selain itu, pemerintah juga mendorong pengembangan vaksin produksi dalam negeri. Adapun vaksin dalam negeri ini akan bernama vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh sejumlah lembaga penelitian di Indonesia.

Tanggapan Presiden

Presiden Joko Widodo melalui jejaring media sosial pribadinya turut mengapresiasi ratusan juta vaksin Covid-19 yang berhasil diperoleh Indonesia. Menurutnya, pemerintah sudah gerak cepat untuk mendapatkan vaksin sejak pertama kali Covid-19 menjangkau Indonesia.

"Ketika vaksin Covid-19 akhirnya diluncurkan oleh beberapa perusahaan farmasi dunia, Indonesia telah mendapatkan komitmen untuk menerimanya," kata Presiden dikutip Senin (25/10).

Ratusan juta vaksin yang diterima Indonesia itu ada yang dalam bentuk jadi, adapula yang bahan baku. Penerimaannya, kata Presiden, ada yang langsung, ada juga yang dalam rangka kerja sama dengan lembaga dunia.

Presiden juga menegaskan vaksin-vaksin yang diterima itu langsung didistribusikan kepada daerah-daerah di seluruh penjuru Tanah Air.

"Vaksinasi massal dan kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan sejauh ini adalah upaya maksimal kita mengakhiri pandemi ini," pungkasnya. (WIL)


5 komentar untuk “Mantap! 280 Juta Dosis Vaksin Berhasil Diamankan Indonesia”

oleh Cici sukaesih  1 bulan yang lalu

"Alhamdulillah yg belum vaksin segera vaksin karna stok masih banyak"

oleh Erlangga bimo  1 bulan yang lalu

"Cepat pulih negaraku, kencangkan upaya vaksin dan jaga prokes"

oleh Ribka selina  1 bulan yang lalu

"Wah ada sinovac & astra zeneca lagi"


Berikan Komentar: