Artikel

Mau Pandemi Cepat Usai? Yuk Disiplin Prokes

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Berakhirnya pandemi Covid-19 tergantung seberapa tinggi komitmen masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang mengaku sering mendapat pertanyaan terkait kapan pandemi berakhir.

Menkes menegaskan, memprediksi kapan pandemi berakhir sangat sulit. Pasalnya cepat atau lambatnya pandemi kembali kepada pola hidup masyarakat itu sendiri.

"Berapa lama pandemi akan ada itu bergantung pada kita. Berapa banyak orang, saudara-saudara kita, dan tenaga kesehatan yang masuk rumah sakit itu juga bergantung pada kita," kata Menkes dalam jumpa persnya, Jumat (25/6).

Menkes menambahkan, kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan merupakan hal krusial dalam upaya mencegah penularan virus Corona.

Oleh karenanya, Menkes meminta seluruh masyarakat untuk tidak bepergian sebagaimana instruksi pemerintah dalam rangka melindungi diri dan sesama dari terpapar Covid-19.

Ia juga meyakini bahwa sebenarnya bangsa Indonesia mampu melalui cobaan seberat apapun apabila seluruh elemen bangsa berfokus untuk menggerakkan energi positif, untuk bersama-sama menangani pandemi ini sesuai dengan kapasitas mereka masing-masing.

"Sejarah bangsa Indonesia membuktikan kita bisa asalkan kita fokus menggunakan energi yang kita miliki ke sisi positif untuk menangani pandemi. Salurkan energi positif kita untuk mengatasi pandemi. Saya tidak mungkin bisa sendiri, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, kita butuh dukungan semua komponen bangsa: pemerintah daerah, wartawan, dan rakyat secara bersama-sama," tandasnya. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


0 komentar untuk “Mau Pandemi Cepat Usai? Yuk Disiplin Prokes”
Berikan Komentar: