Artikel

Mencegah Bayi dari Covid-19, Lakukan 7 Hal Ini

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pandemi Covid-19 sudah berlangsung sejak Maret 2020 silam sampai hari ini. Jutaan orang di seluruh dunia sudah tercatat sebagai korban keganasan Covid-19. Diketahui, virus ini bisa menerkam siapa saja, tak terkecuali bayi. Lalu bagaimana cara mencegah Covid1-9 dari bayi?

Mencegah bayi dari paparan Covid-19 umumnya sama dengan cara seseorang melindungi diri agar tidak tertular. Cara itu adalah menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan mengikuti vaksinasi Covid-19.

Namun pada bayi, yang harus menerapkan protokol kesehatan itu adalah orang-orang dewasa yang ada di sekelilingnya. Pastikan mereka dalam keadaan sehat dan tidak sakit saat mendekati bayi.

Melansir laman Covid19.go.id, Minggu (26/9), setidaknya ada tujuh cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bayi dari Covid-19. Berikut adalah tujuh cara tersebut:

1. Jaga kebersihan tangan

Tangan orang dewasa harus senantiasa bersih saat akan menyentuh bayi. Cuci tangan dengan rajin atau menggunakan sanitasi tangan akan memberikan perlindungan kepada bayi.

2. Pakai masker saat dekat bayi

Memakai masker penting bagi orang dewasa yang mendekati bayi. Masker yang digunakan orang dewasa akan melindungi bayi dari paparan virus jika si dewasa merupakan pembawa virus atau seorang yang berstatus OTG.

3. Hindarkan bayi dari orang sakit

Cara berikutnya adalah menghindari bayi dari orang sakit. Usahakan orang-orang yang ada di sekililing bayi dalam keadaan sehat. Jika orangtua bayi sakit, maka pisahkan si bayi dari si sakit.

4. Jangan mencium bayi

Mencium bisa menjadi media penyebaran virus. Usahakan bayi Anda tidak dicium oleh sembarang orang. Pastikan orang yang akan mencium bayi anda dalam keadaan sehat dan tidak sedang sakit apapun.

5. Berikan ASI eksklusif

Memberikan air susu ibu (ASI) secara eksklusif juga bisa memberikan perlindungan kepada bayi. Asupan ASI akan membuat imunitas tubuh bayi menjadi kuat sehingga tidak mudah terserang virus atau penyakit.

6. Jaga jarak dari bayi;

Sama seperti orang dewasa yang dianjurkan menjaga jarak, kepada bayi juga demikian. Terlebih jika orang dewasa merasa sedang tidak sehat, maka jangan mendekati bayi agar mereka selamat.

7. Isolasi bersama jika terpapar Covid

Bagaimana jika orangtua bayi terpapar Covid-19 atau bayi itu sendiri yang terpapar? Maka lakukan isolasi mandiri secara bersamaan dengan bayi.

Demikian tujuh cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bayi dari Covid-19. (WIL)


3 komentar untuk “Mencegah Bayi dari Covid-19, Lakukan 7 Hal Ini”

oleh Kinanti ayu  4 minggu yang lalu

"Jangan sembarangan pegang bayi saat pandemi seperti ini"

oleh Humairah  4 minggu yang lalu

"Pokoknya kita harus jaga terus kebersihan kalau dekat bayi"

oleh Qonita bilqis  4 minggu yang lalu

"Semoga bayi2 dimasa pandemi sehat2"


Berikan Komentar: