Artikel

Meraup Cuan di Suasana Lebaran

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Mayoritas penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam. Idulfitri yang adalah hari raya umat Muslim tak ayal menjadi momen besar bagi mayoritas masyarakat Indonesia.

Terkait perayaan hari kemenangan tersebut, ada banyak tradisi yang bisa jadi lahan bisnis. Berikut ini beberapa lahan bisnis terkait Lebaran yang kerap bermunculan dan bisa dijadikan ide ke depannya.

Kartu ucapan

Di zaman digital ini, ucapan selamat hari raya jadi lebih mudah dikirimkan melalui aplikasi chat atau media sosial. Namun, tetap ada rasa personal ketika mendapat kartu ucapan hari raya. Bagi yang menerima tentu akan ada rasa hangat tersendiri ketika menerima kartu ucapan yang ditujukan khusus untuknya. Kartu ucapan juga biasanya mengiringi kiriman berupa parsel atau hantaran lainnya, jadi akan ada pasar khusus untuk hal ini. Anda yang hobi kaligrafi, menggambar, menguntai kata, bisa mencoba bisnis ini. Pastikan buka jasa pesanannya jauh-jauh hari supaya tidak kewalahan mendekati hari H, ya.

Kue kering

Hari raya identik dengan silaturahmi dan saling berkunjung. Tak lengkap bila tak ada sajian untuk tamu yang datang ke rumah. Sebaliknya, ada rasa yang kurang bila tak bawa buah tangan saat bersilaturahmi. Di masa pandemi ketika ada pembatasan untuk saling berkunjung, kiriman hantaran adalah penyambung silaturahmi.

Kue kering adalah jawaban aman dari semua itu, karena enak dan tahan lama. Nastar, kaastengel, dan kue kering lain akan menjadi peluang bisnis paling menggiurkan karena permintaannya meningkat jelang Lebaran. Bagi yang baru mencoba bisnis ini, pastikan bisa memberikan nilai jual atau nilai lebih agar dilirik konsumen, ya.

Parsel

Bisnis parsel sudah berlangsung lama dan selalu ada di berbagai hari raya besar Indonesia, terutama Lebaran. Tidak perlu keahlian khusus untuk menyusun parsel, hanya perlu memastikan mengikuti tren dan bisa merangkai benda-bendanya dengan cantik. Dulu, biasanya parsel berisi sirup, biskuit, kue kering, buah, dan camilan lainnya.

Di masa kini, isinya makin beragam, mulai dari perlengkapan salat, benda dekorasi rumah, dan sebagainya. Parsel biasanya juga dikirimkan ke rekan kerja atau bisnis, sehingga bila bisa menyesuaikan tema dan selera pasar niscaya akan diminati pembeli.

Hidangan khas

Ini usaha yang pas bagi penyuka kegiatan memasak. Banyak orang yang ingin mencicipi hidangan khas Lebaran, seperti opor, rendang, ketupat, sambel kentang, dan sebagainya, tetapi tidak bisa membuat sendiri. Coba tawarkan paket menu Lebaran menjelang hari H. Biasanya, restoran dan warung makan tutup menjelang hari Lebaran, sehingga tak perlu khawatir banyak pesaing, apalagi bila Anda tidak berencana bepergian.

Jasa bersih-bersih rumah

Menjelang hari raya, kebanyakan pekerja rumah tangga pulang ke rumah masing-masing. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan membuka usaha jasa bersih-bersih rumah. Pastikan Anda tahu betul cara membersihkan rumah, ya. Jangan sampai justru merusak perabot atau rumah orang lain. Bila mengajak orang lain untuk berbagi pekerjaan, pastikan bisa bertanggung jawab dengan pekerjaan tersebut.

Jasa perawat

Perawat rumahan juga umumnya mengambil momen Idulfitri untuk pulang ke rumahnya. Bila Anda memiliki kenalan perawat, bisa mencoba buka usaha perawat pengganti sementara.

Penukaran uang

Jasa penukaran uang banyak bermunculan di pinggiran jalan setiap menjelang Lebaran. Bahkan, kini bermunculan juga di media sosial. Biasanya jasa ini dipilih orang-orang yang tidak punya waktu untuk menukarkan uang di bank. Ini bisa jadi kesempatan untuk berbisnis. Sediakan beberapa nominal uang supaya bisa memenuhi kebutuhan pembeli. Namun, karena berhubungan langsung dengan uang, lakukan dengan hati-hati, ya.

Paket atau kuota internet

Pembatasan sosial dan larangan mudik dari Pemerintah membuat masyarakat mengandalkan teknologi sebagai wadah silaturahmi lewat pesan singkat, telepon, atau panggilan video. Kesemuanya itu membutuhkan kuota internet sehingga bisnis berjualan kuota menjadi ladang usaha yang menjanjikan. Cukup mudah dilakukan, tak butuh modal besar, dan dicari banyak orang membuat bisnis ini menjadi ladang yang menjanjikan.

Anda punya ide usaha jelang Lebaran lain yang menarik untuk dicoba? Bagikan di kolom komentar, yuk! (ACD)