Artikel

Nostalgia Ucapan Lebaran, dari Kartu hingga Instagram

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Hari Raya Idul Fitri telah tiba. Biasanya, ucapan hari raya akan langsung bertebaran di media sosial atau lewat pesan singkat dari sanak saudara. Dari masa ke masa media ucapan Lebaran telah berkembang searah dengan perkembangan tekhnologi pada masanya.

Keseruan lebaran jaman dulu diramaikan oleh surat ucapan dengan berbagai desain unik. Setelah kartu masuk teknologi bernama Surat Masa Singkat atau Short Messages Service (SMS). Kemudian ada fitur pesan dari Blackberry yaitu Blackberry Messenger (BBM). Selepas BBM masuk pada era media sosial Facebook, kita bisa berkreasi dengan mengunggah foto dan video ucapan Lebaran.

WhatsApp (WA) menjadi suksesor setelah Facebook dengan fasilitas praktis dalam berkomunikasi bahkan ada fitur panggilan video. Setelah WA muncul Instagram dengan segala keunikan pesan komunikasinya, foto, video, panggilan video ada namun keunikannya adalah tanpa perlu menandai atau mengirim pesan pada beberapa orang, seluruh orang yang mengikuti akun Instagram kita akan bisa melihat ucapan yang kita unggah.

Yuk nostalgia ucapan Lebaran dari masa ke masa!

• Kartu Lebaran

Ucapan Lebaran yang dikirim berbentuk kartu. Butuh perjuangan lebih untuk mengirim kartu Lebaran. Kita harus membeli perangko, mengirimnya ke kantor pos, kemudian menunggu beberapa hari agar kartu sampai ke penerima.

• SMS

Pada era yang lebih canggih, pesan singkat atau SMS dimanfaatkan untuk memberi ucapan Lebaran. Seperti ini Salah satu ucapan Lebaran yang populer di masa itu.

"Ketika mulut tak mampu berucap, ketika telinga tak mampu mendengar, ketika tangan tak mampu berjabat, ketika kaki tak mampu melangkah."

• Blackberry Messenger (BBM)

Ada pula era BlackBerry Messenger, yang kala itu sempat membuat kita terpukau dengan fitur ponsel BlackBerry. Pada era ini pengirim sudah menggunakan fitur-fitur emoticon untuk mempercantik ucapan Lebaran.

• Facebook

Setelah raksasa media sosial Facebook merambah pasar Indonesia, ucapan Lebaran pun beralih ke medium ini.

Kita bisa mengunggah ucapan Lebaran disertai dengan gambar, foto, video atau hanya berupa pesan saja.

• WhatsApp

Aplikasi pesan yang masih sering digunakan saat ini adalah WhasApp. Hingga saat ini, WhatsApp masih jadi pilihan untuk mengirim ucapan Lebaran lewat pesan, bahkan bisa Video call untuk memberikan ucapan Lebaran.

•Instagram

Media sosial Instagram dikenal sebagai wadah untuk menyebarkan foto dan gambar. Ucapan Lebaran pun bisa kita sampaikan di Instagram, dengan mengunggah foto bersama keluarga atau gambar kartu Lebaran virtual. Tanpa perlu menandai atau mengirim pesan pada beberapa orang. (Dit)


0 komentar untuk “Nostalgia Ucapan Lebaran, dari Kartu hingga Instagram”
Berikan Komentar: