Artikel

Pandemi Covid-19 Jadi Endemi, Ini 4 Strategi yang Perlu Dilakukan

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kasus Covid-19 di tanah air kian melandai dalam beberapa waktu belakangan ini. Dengan kondisi yang demikian, mungkinkah pandemi akan menjadi endemi?

Tentu pemerintah akan melakukan berbagai langkah dan upaya dalam rangka mewujudkan Indonesia dari pandemi Covid-19 ke endemi. Namun, upaya yang dilakukan perlu bantuan dari seluruh elemen masyarakat.

Endemi sendiri adalah suatu kondisi dimana saat kasus Covid-19 masih tetap ada di beberapa wilayah dengan jumlah kasus yang rendah dengan laju penularan yang stagnan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan tahapan epidemi menjadi pandemi Covid-19 telah banyak memberikan pelajaran, khususnya terkait pentingnya mencegah agar lonjakan kasus tidak lagi terjadi di kemudian hari.

“Kita berharap perkembangan kasus di Indonesia yang semakin baik ini tetap bertahan bahkan pasca periode natal dan tahun baru (nataru) sering kali menimbulkan lonjakan kasus,” kata Wiku dikutip laman resmi covid19.go.id.

Oleh sebab itu, ia meminta masyarakat Indonesia untuk turut berempati dengan negara lain karena pandemi Covid-19 baru akan selesai apabila semua negara dapat mengendalikan kasus.

“Sehingga mendukung proses pemulihan ekonomi global,” pungkasnya.

Berikut empat upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan target Indonesia dari pandemi Covid-19 menuju endemi:

1. Penetapan indikator endemi secara luas

Dilakukan dengan percakupan daerah oleh pemerintah dan berkonsultasi dengan pakar.

2. Pemantauan kasus

Pemantauan dapat dilakukan dengan pengamatan kasus yang dilakukan secara sistematis dan terus menerus (surveilans) kasus dan mempelajari seluuh genom virus SARS-CoV-2 secara konsisten.

3. Menekan angka kasus berat dan kematian menjadi angka kesembuhan yang tinggi

Hal ini dilakukan melalui upaya pemberian vaksinasi, perawatan serta pengobatan kasus yang berkualitas.

4. Menjaga laju penularan tetap dalam kondisi rendah dan terkendali

Untuk menjaga agar tingkat penularan tidak melonjak lagi, perlu dilakukan melalui upaya pengujian (testing) dan pelacakan (tracing). Selain itu dilakukan juga penyesuaian aktivitas masyarakat yang aman dan produktif serta mobilitas.

Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapan Anda berada seperti mencuci tangan pakai sabun, memakai masker yang tepat, menjaga jarak, menjauhi keramaian dan mengurangi mobilitas demi kebaikan bersama. Jangan lupa juga segera lakukan vaksinasi dengan segera dengan mewujudkan Indonesia endemic Covid-19. (DIN)