Artikel

Pasien di RSUD Bekasi Membludak, Masih Tak Percaya Covid-19?

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Penumpukan pasien Covid-19 terjadi di RSUD dr Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. Tidak hanya di dalam gedung RS, pasien juga harus ditangani di parkiran hingga di mobil pikap.

Kondisi membludaknya pasien di RSUD terekam dalam video dan viral di media sosial. Dalam video itu tampak beberapa orang pasien tergeletak di depan gedung. Ada pula pasien yang duduk di kursi roda di dekat tenda darurat yang didirikan.

Pemandangan paling mengenaskan adalah adanya pasien yang harus ditangani oleh petugas di atas mobil pikap. Tabung oksigen dan tiang infus juga terpasang di sekitar para pasien itu.

Direktur Utama RSUD Kota Bekasi, Kusnanto Said membenarkan isi rekaman dalam video tersebut. Ia menyebutkan, pemandangan dalam video itu terjadi pada Jumat (25/6).

Menurutnya, pasien itu datang dengan gejala Covid-19 dan sedang menunggu pemeriksaan awal. Kondisi mereka kritis sehingga petugas berinisiatif menangani langsung baik di parkiran maupun di atas mobil.

"Mereka datang dengan gejala (Covid-19) semua. Nanti pemeriksaan di tenda sama di lorong yang kita siapkan itu, triase namanya, pemeriksaan awal," katanya dikutip dari Detikcom, Sabtu (26/6).

Kusnanto mengakui pasien Covid-19 di RSUD Kota Bekasi membludak. Selain tempat tidur di dalam gedung, pihaknya juga mendirikan tenda darurat untuk pemeriksaan awal pasien Covid-19, yang berisi 30 tempat tidur.

Namun, kata Kusnanto, tenda darurat itu seketika penuh oleh pasien. Kemudian pihaknya juga menyulap salah satu lorong rumah sakit untuk jadi tempat perawatan. Lorong tersebut bisa menampung 15 tempat tidur, namun lagi-lagi penuh.

Masih kata Kusnanto, RSUD Kota Bekasi terus menambah kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19. Awalnya ada 265 tempat tidur. Lalu ditambah 100 tempat tidur. Kini semuanya sudah terisi.

Lonjakan kasus Covid-19 masih terus terjadi baik secara nasional maupun di Kota Bekasi. Hal itu membuat ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 terus menipis.

Data per 25 Juni 2021, ada 2.659 pasien yang dirawat di Kota Bekasi. Jumlah total kasus positif di Kota Bekasi mencapai 50.247. dari jumlah itu, 46.946 sudah dinyatakan sembuh dan 642 dinyatakan meninggal dunia. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: