Artikel

Pasien Isoman Tak Usah Khawatir, RS Bakal Beri Konsultasi Online

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pasien Covid-19 tanpa gejala umumnya direkomendasikan menjalani isolasi mandiri baik di sentra isolasi maupun di rumah. Jika di sentra isolasi, maka mereka akan dipantau tenaga kesehatan secara intensif selama menjalani isolasi.

Sementara isolasi di rumah terkadang menimbulkan kekhawatiran apakah kondisinya membaik atau sebaliknya. Untuk menjawab kekhawatiran itu, Kementerian Kesehatan menyiapkan skema konsultasi online bagi pasien isolasi mandiri.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Menurutnya, pasien isolasi mandiri di rumah tetap bisa mendapatkan kontrol dari dokter meski tidak di rumah sakit. Tak hanya konsultasi, dokter juga akan memberikan resep obat-obatan yang mungkin dibutuhkan.

"RS bisa melakukan layanan telemedicine untuk orang-orang yang isolasi mandiri, termasuk pemberian paket obatnya, sehingga orang yang terkena (positif), dia tidak bisa akses ke RS tetap bisa dilayani oleh dokter dan akan diberikan obat," kata Menkes Budi mengutip laman Kemenkes, Sabtu (3/7).

Menurut Budi, pembukaan layanan telemedicine ini sebagai opsi jika lokasi isolaso mandiri terpusat sudah penuh sehingga banyak yang isoman di rumah. Meski begitu, pihaknya akan tetap menambah kapasitas isolasi terpusat tersebut.

Di DKI Jakarta saat ini sudah ada sejumlah tempat isolasi terpusat selain RSDC Wisma Atlet Kemayoran. Di antaranya rumah susun (Rusun) Nargak, Rusun Pasar Rumput, asrama haji, hingga Tower 8 Wisma Atlet Pademangan.

Bahkan dalam waktu dekat, Kemenkes bersama Pemprov DKI juga bakal menyulap kawasan Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoan untuk menjadi lokasi isolasi juga. Kawasan ini diprakirakan bisa menampung 24 ribu pasien, sehingga pasien dari luar Jakarta juga bisa tertampung. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: